Trump Klaim AS Bunuh Pemimpin Al-Qaeda di Semenanjung Arab

0
98

Washington,LiputanIslam.com-Presiden AS melalui sebuah statemen pada Jumat dini hari (7/2) mengumumkan, militer AS dalam operasi antiterorisme di Yaman sukses membunuh Qasim al-Raymi, pendiri dan pemimpin al-Qaeda di Semenanjung Arab.

Al-Raymi dianggap sebagai wakil Ayman al-Zawahiri (pemimpin al-Qaeda). Dia bergabung dengan kelompok teroris itu pada dekade 90-an. Al-Raymi juga mendampingi Osama bin Laden (pemimpin terdahulu al-Qaeda) di Afghanistan.

Dalam statemennya, Donald Trump mengklaim, AS telah mendekati tujuannya untuk menumpas ancaman al-Qaeda atas keamanan nasional AS.

Beberapa hari lalu, New York Times mengutip pernyataan dari tiga pejabat kini dan lama AS, bahwa militer AS merencanakan serangan udara terhadap pemimpin al-Qaeda di Yaman.

Usai pensiun dan kembali dari kamp pelatihan teroris di Afghanistan, al-Raymi pulang ke Yaman. Dia sempat dihukum penjara selama 5 tahun lantaran meneror dubes AS di negara tersebut. Al-Raymi kabur dari penjara satu tahun setelahnya dan dengan cepat mengembangkan karirnya di al-Qaeda.

Kemenlu AS mengumumkan, al-Raymi terlibat dalam penyerangan ke kedubes AS di Sanaa pada tahun 2008. Serangan itu menewaskan 10 penjaga keamanan dan 4 warga sipil. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Khazali: Salah Satu Pejabat Tinggi Irak adalah Rekrutan CIA

Pemerintah Suriah Resmi Umumkan Keberhasilannya Membebaskan Kota Saraqib

DISKUSI:
SHARE THIS: