Trump Kirim Mata-mata ke Pentagon, Untuk Apa?

0
181

Washington,LiputanIslam.com-Media-media memberitakan, Presiden AS Donald Trump mengirim salah satu orang kepercayaannya di Gedung Putih ke Pentagon. Tujuannya adalah untuk mengetes loyalitas para pejabat militer terhadap dirinya.

Menurut laporan Foreign Policy, Michael Cutrone mengemban misi untuk menyelidiki kesetiaan petinggi Pentagon secara diam-diam. Cutrone adalah asisten senior Trump dalam urusan Keamanan Nasional.

Foreign Policy mewartakan kabar ini berdasarkan informasi dari dua pejabat di Pemerintahan AS saat ini. Meski demikian, mereka mengatakan bahwa belum ada kepastian kapan Cutrone akan memulai misinya.

Para pejabat AS khawatir, Cutrone akan melemahkan wewenang Mark Esper  (Menhan AS) melalui bantuannya kepada Trump untuk mengeluarkan para petinggi yang tidak setia kepada Presiden AS.

Sebagian dari sumber-sumber Foreign Policy mencemaskan pemecatan pejabat-pejabat yang belum mampu menyampaikan pendapat yang bertentangan dengan Trump.

“Trump berusaha untuk mengganti dan memecat sejumlah pejabat sipil di kantor Menhan yang tidak sejalan dengan Gedung Putih. Esper tidak memiliki wewenang sama sekali untuk mengangkat orang menduduki posisi-posisi kunci,”kata seorang pejabat senior AS.

Trump berulangkali memecat anggota kabinet yang tidak sependapat dengannya. Mantan Menhan AS James Mattis mengundurkan diri beberapa bulan setelah berdebat sengit dengan Trump. (af/alalam)

Baca Juga:

Trump Nyatakan Dukungan untuk Pendemo Bersenjata di Michigan

Puluhan Warga New York Keracunan Disinfektan Akibat Anjuran Trump

DISKUSI: