Trump Ancam Jatuhkan Sanksi atas Negara yang Enggan Menerima Kepulangan Warganya

0
515

Washington,LiputanIslam.com-Negara-negara yang enggan menerima kepulangan warganya dari AS, atau dengan tanpa alasan menunda-nunda untuk menerima mereka, diancam tak akan diberi visa oleh Washington.

Keputusan ini menyusul ditandatanganinya aturan tersebut oleh Presiden Donald Trump.

“Negara-negara yang enggan menerima warganya pulang dari AS selama pandemi Covid-19, merupakan bahaya besar bagi AS. AS harus bisa memulangkan warga asing yang melanggar hukum AS,”kata Trump pada Jumat (10/4) seperti dilansir Sputnik.

Dalam aturan itu juga disebutkan:”Tujuh hari setelah menerima pemberitahuan dari Menteri Keamanan Dalam Negeri, Menlu AS harus secepatnya mengesahkan dan memberlakukan rencana untuk menjatuhkan sanksi visa sesuai pasal 243 UU Imigrasi dan Kependudukan.”

Di lain sisi, pandemi Corona di AS terus menelan lebih banyak korban jiwa. Dalam 24 terakhir, lebih dari 2.000 warga AS meninggal dunia akibat virus tersebut.

Berdasarkan laporan dari Worldometers, pada hari Jumat kemarin sebanyak 2.035 penderita Corona telah kehilangan nyawa mereka. Ini merupakan angka kematian tertinggi dalam sehari di dunia, pasca merebaknya virus tersebut.

Angka warga AS yang terpapar virus itu telah melewati angka setengah juta pada Sabtu dini hari tadi. Kini jumlah pengidap Corona di AS mencapai 501.273 orang. Sebanyak 18.747 meninggal, dan yang sembuh hanya 27.314 orang. (af/alalam/fars)

Baca Juga:

Rusia: Kita Butuh Dunia Tanpa Embargo untuk Melawan Corona

ABC News: Intelijen AS Sudah Tahu Virus Corona dari ‘Wuhan’ Sejak November 2019

DISKUSI: