Wow, Israel Kerahkan Ribuan Personil dalam Pemburuan Pemuda Palestina Pelaku Serangan Mematikan

0
144

Quds, LiputanIslam.com –  Israel mengerahkan lebih dari seribu polisi dan personel keamanan lain dalam operasi besar-besaran yang berlangsung lebih dari 9 jam untuk memburu dan meringkus pelaku serangan penembakan di Tel Aviv, pada Kamis malam, sebelum kemudian diumumkan bahwa pelaku itu terbunuh di kota Jaffa.

Komisaris Jenderal Polisi Israel Yaakov Shabtai dalam sebuah statemennya, Jumat (8/4), mengatakan: “Setelah malam sulit dan aktivitas berjam-jam yang dilakukan oleh Polisi Israel, Dinas Keamanan Umum (Shin Bet) dan tentara  serta kerjasama lapangan dan intelijen, kami pagi ini berhasil mengakhiri babak ini.”

Shabtai menyebutkan bahwa pelaku, Ra’ad Hazem, 27 tahun, dari kamp pengungsi Jenin, “tewas dalam baku tembak.”

“Kami bekerja sesuai dua poros utama, lapangan dan intelijen, dan pagi ini, keduanya mengarah pada akhir peristiwa yang beredar,” terangnya.

Namun, media Israel mengabarkan bahwa lokasi telah ditentukan secara “kebetulan” sejak terjadi serangan penembakan oleh pemuda Palestina.

Surat kabar Haaretz melaporkan; “Menurut sumber keamanan, pasukan dari dinas keamanan Shin Bet tiba di area Menara Jam di Jaffa untuk mengumpulkan rekaman dari kamera keamanan, dan menghadapi pelaku yang bersembunyi di balik mobil.”

Haaretz menambahkan: “Seorang penduduk Jaffa melaporkan bahwa dia mendengar beberapa tembakan tak lama setelah pasukan besar mengepung masjid pada dini hari Jumat.”

Surat kabar Israel lain, Maariv, memberitakan bahwa dua anggota Shin Bet memutuskan sendiri untuk meninjau lokasi dekat Masjid Jaffa, dan “tiba-tiba mereka melihat seseorang yang ciri-cirinya mirip dengan orang yang fotonya disebarkan. Mereka memintanya untuk berhenti, dan kemudian dia mengangkat tangannya seolah-olah dia telah menyerah, tapi tiba-tiba dia berlari dan mencoba bersembunyi di balik mobil yang diparkir dan melepaskan tembakan ke dua anggota Shin Bet. Mereka lantas mengarahkan senapan kepadanya, menembaknya dan membunuhnya segera.”

Ra’ad Hazem telah melakukan serangan penembakan yang menewaskan dua orang Israel dan melukai sembilan lainnya di sebuah kafe di Jalan Dizengoff yang terkenal di Tel Aviv.

Haaretz mengutip keterangan polisi bahwa “Hazem menembakkan 10 peluru,” sementara surat kabar Maariv menyatakan bahwa “penembakan itu hanya berlangsung 5 detik.”

Badan keamanan Israel sempat mengalami kesulitan besar dalam menentukan identitas penembak. Namun, beberapa jam setelah operasi, polisi Israel merilis rekaman video dari kamera lokal yang memperlihatkan Hazem duduk di bangku dan kemudian berjalan di Jalan Dizengoff, mungkin mencari tempat untuk melakukan operasinya.

Rekaman yang sama menunjukkan Hazem melewati kafe tempat dia kemudian ditembak.

Akibatnya, polisi Israel menerbitkan gambar Hazem dan meminta bantuan publik Israel untuk menemukannya. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Hamas dan Jihad Islam Apresiasi Operasi Terbaru di Jantung Tel Aviv

Ingin Berunding dengan Israel, Abbas Khianati Syuhada dan Tawanan Palestina

DISKUSI: