WHO Puji Sepak Terjang Iran dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19

0
144

Teheran, LiputanIslam.com – Utusan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk Iran Christoph Hamelmann mengapresiasi efektivitas jerih payah Iran membendung penyebaran virus corona (Covid-19), terutama terkait dengan penerapan terapi plasma.

Apresiasi itu dinyatakan Hamelmann di sela-sela pertemuan perwakilan WHO di Iran dan komite Organisasi Transfusi Darah Iran (IBTO) Covid-19.

Dia memuji kemajuan Iran dalam penanganan pasien Covid-19, terutama dalam Proyek Terapi Plasma.

“Kami masih pada tahap awal, Anda akan tahu bahwa ada sejumlah uji coba yang sedang berlangsung di seluruh dunia, khususnya di Iran; uji coba obat-obatan, uji coba terapi plasma. Saya hari ini berkesempatan di IBTO untuk mempelajari sebagian besar uji coba di wilayah ini, kami masih menunggu analisis dan hasil akhir, ” ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa pada saat yang sama, upaya sedang dilakukan untuk standarisasi produk segera setelah hasilnya menunjukkan adanya dampak yang baik pada perawatan pasien.

baca: Iran Dobrak Monopoli Barat dalam Produksi Peralatan Medis

“Kita harus sangat cepat dalam fase selanjutnya untuk mengembangkan produk dalam skala besar,” kata Hamelmann.

Wakil Menteri Kesehatan Iran untuk Perawatan Qassem Jan Babayee akhir bulan lalu mengatakan bahwa Iran telah merintis di dunia dengan melakukan sejumlah besar tes terapi plasma pada pasien-pasien coronavirus di negara ini.

Baca: Peralatan Buatan Iran Bantu Eropa Perangi Pandemi Covid-19

Dia menyebut terapi plasma sebagai salah satu metode terapi yang hemat biaya, dan  menunjukkan hasil yang baik dalam perawatan pasien COVID-19. (mm/fna)

DISKUSI: