Viral, Foto Perbandingan Perlakuan terhadap Orang Kulit Hitam antara di Iran dan AS

0
93

Teheran, LiputanIslam.com –   Beberapa foto beredar viral di media sosial karena memperlihatkan perbandingan yang amat kontras antara Iran dan Irak di satu pihak dan AS di pihak lain dalam memperlakukan warga, terutama yang berkulit hitam.

Dalam satu foto di antaranya terlihat seorang ulama Iran mencium tangan pria berkulit hitam yang berasal dari salah satu negara Afrika. Foto ini dijajarkan dengan sebuah foto seorang polisi berkulit putih AS menekankan lututnya pada batang leher seorang pria berkulit hitam George Floyd.

Satu foto lagi yang juga disandingkan dengan foto Floyd memperlihatkan seorang anggota pasukan relawan Irak Hashd al-Shaabi membungkuk di atas tanah agar punggungnya bisa menjadi pijakan bagi warga perempuan yang hendak turun dari sebuah jalan, sementara dua anggota relawan lain memegang tangan wanita itu agar tidak terjatuh.

Foto dari Irak ini disertai tulisan sindiran bahwa Hashd al-Shaabi yang ramah kepada masyarakat justru dituding sebagai teroris, sedangkan polisi AS yang brutal terhadap warga berkulit hitam malah dianggap sebagai penegakan hukum.

Foto George Floyd merupakan gambar yang diambil dari rekaman video viral detik-detik penangkapannya dengan perlakuan yang berlebihan oleh polisi sehingga pria yang diduga memalsukan uang itu tewas akibat kehabisan nafas ketika lehernya ditekan dengan lutut oleh polisi di jalan.

Baca: “Iran Kirim Bensin ke Venezuela, Wibawa Palsu AS Hancur”

Video itu viral hingga kemudian membangkitkan kemarahan besar warga kulit hitam AS dan lalu berbuntut demonstrasi dan kerusuhan di kota Minneapolis dan St Paul.

Sebuah kantor polisi di negara bagian Minnesota, Amerika Serikat (AS), hangus dibakar massa pengunjuk rasa pada Kamis malam (28/5/2020) waktu setempat.

Baca: AS Kerahkan Sistem Payung Rudal Patriot di Suriah

Selain itu, tujuh orang menderita luka tembak dengan kondisi satu di antaranya kritis dalam unjuk rasa yang terjadi di Louisville, Kentucky, menyusul kasus penembakan oleh polisi yang menewaskan Breonna Taylor seorang perempuan berkulit hitam. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS: