AS Kerahkan Sistem Payung Rudal Patriot di Suriah

0
120

Beirut, LiputanIslam.com –   Koalisi yang dipimpin AS mengerahkan sistem pertahanan rudal Patriot di daerah dekat ladang gas Koniko di provinsi Deir Ezzur, Suriah timur, demikian dilaporkan sumber-sumber oposisi Suriah, Rabu (27/5/2020).

Saluran al-Sham yang dekat dengan kubu oposisi melaporkan bahwa koalisi pimpinan-AS telah memperluas kehadiran dan pangkalan militernya di dekat Koniko serta memasang kawat berduri di sekitar ladang gas ini.

Sementara itu, surat kabar al-Jisr, yang juga berafiliasi dengan oposisi, mengutip pernyataan sumber-sumber lokal bahwa tiga sistem rudal Patriot telah dikerahkan di dekat Koniko, dan bahwa Washington juga berniat menempatkan sistem pertahanan yang sama di beberapa daerah lain di Deir Ezzur.

Pangkalan militer terbesar kedua AS di Deir Ezzur terletak di dekat Koniko.

Awal bulan ini tersiar laporan bahwa AS menarik keluar dua baterai rudal Patriot dan beberapa pesawat tempurnya dari Arab Saudi untuk memindahnya ke negara lain di Timur Tengah.

Baca: Nasrallah: Poros Resistensi Sekarang Memiliki Kekuatan Yang Tak Ada pada Tahun 2006

Saat itu seorang pakar keamanan Irak Amir Abdol Mona’am memperingatkan ihwal rencana AS memindahkan sistem pertahanan udara Patriot dari Saudi ke pangkalan-pangkalan AS di wilayah Kurdistan Irak dan Kirkuk.

Amir Abdol Mona’am mengatakan kepada portal berita al-Ma’aloumeh bahwa AS dapat memindahkan Patriot dari Saudi ke Irak untuk memperkuat keberadaannya di Irak dan mendukung gangguan kelompok teroris ISIS terhadap keamanan Irak dan pasukan relawan Hashd al-Shaabi.

Baca: Bagaimana Tentara Irak Gagalkan “Operasi Ghazwah Ramadan” ISIS?

Dia mengatakan, “AS telah memulai implementasi rencana baru dengan berfokus pada pangkalan militer yang tidak berada dalam jangkauan pasukan Poros Resistensi, dan diharapkan bahwa sistem Patriot akan dipindah dari Arab Saudi ke Kirkuk atau wilayah Kurdistan Irak atau digunakan pada platform bergerak di wilayah di mana teroris ditempatkan.” (mm/fna)

DISKUSI: