“Iran Kirim Bensin ke Venezuela, Wibawa Palsu AS Hancur”

0
125

Teheran, LiputanIslam.com –   Anggota parlemen Iran, Mojtaba Zonnour, menyatakan bahwa pengiriman bensin Iran ke Venezuela memperlihatkan kewenangan dan martabat Iran serta responnya yang kuat terhadap petualangan AS.

“Kedatangan tanker Iran membawa bensin ke Venezuela merupakan pesan otoritas dan martabat negara Iran kepada dunia,” ujarnya, Jumat (29/5/2020).

Dia menilai perilaku AS selama ini terhadap Iran sebagai “petualangan berlebihan” yang akhirnya mendapat reaksi Teheran yang “menghancurkan wibawa palsu” Washington.

Zonnour menambahkan bahwa AS urung bertindak agresif terhadap kapal tanker Iran bukan karena keluhuran budi pekertinya, melainkan karena menyadari bahwa serangan terhadap kepentingan Iran akan memancing biaya yang lebih tinggi.

Dia juga menyebutkan bahwa apa yang dilakukan Iran tersebut praktis menganulir sanksi yang dipaksakan oleh AS dan sekutunya secara sepihak dan ilegal.

Laporan terbaru mengenai kapal-kapal tanker Iran yang membawa bahan bakar ke Venezuela menyebutkan bahwa Faxon menjadi kapal keempat yang telah bersandar di pelabuhan Venezuela di antara lima kapal yang dikirim Iran untuk mengangkut bensin dan alkilat dengan jumlah total sekira 1.5 barel.

Faxon memasuki zona ekonomi khusus Venezuela pada Kamis pagi, setelah beberapa hari sebelumnya tiga kapal lain, Fortune, Forest dan Petunia, mencapai Venezuela di bawah pengawalan militer.

Dengan demikian, kini hanya tersisa satu kapal Iran, Clavel, yang masih dalam pelayaran menuju Venezuela. (mm/fna)

DISKUSI: