[Video:] Pertahanan Udara Peringatkan Drone Canggih AS Dekat Selat Hormuz

0
313

Teheran, LiputanIslam.com –  Pasukan Pertahanan Udara Iran dilaporkan media Iran telah memberikan peringatan kepada sebuah pesawat nirawak (UAV) atau drone milik AS yang terbang di angkasa Selat Hormuz pada dini hari Kamis (12/8).

Badan keamanan Iran merilis video yang memperlihatkan detik-detik pasukan pertahanan udara Iran memberikan peringatan kepada drone AS MQ-9 yang melintas di sekitar Selat Hormuz dekat perbatasan Iran.

Pada Juni lalu sebuah bangunan Badan Tenaga Atom Iran di kota Karaj dekat Teheran, ibu kota Iran, dilaporkan oleh media musuh Iran mendapat serangan namun tidak menimbulkan korban maupun kerusakan.

Surat kabar New York Times saat itu mengutip pertanyaan beberapa sumber bahwa “serangan itu dilakukan dengan menggunakan drone kecil empat baling yang diterbang dari wilayah Iran sendiri”.

Situs Times of Israel juga menyebutkan bahwa serangan dilancarkan dengan drone.

Namun di pihak lain, sumber pejabat Iran di pangkalan pertahanan udara Khatamul Anbiya membantah “serangan sabotase” itu dilakukan dengan menggunakan drone.  Kepada situs lokal Entekhab sumber itu mengatakan bahwa peristiwa itu dilakukan sama sekali bukan dengan drone.

“Peristiwa bisa saja merupakan aksi sabotase keamanan, tapi tanggungjawabnya di luar kewenangan pertahanan udara,” katanya. (mm/alalam/raialyoum)

Baca juga:

Pemimpin Hamas: Jasa Jenderal Soleimani Terlihat dalam Kemenangan Palestina

Soal Serangan Rudal Iran ke Ayn al-Asad, Serdadu AS: Saya Masih Bermimpi Buruk

 

DISKUSI: