[Video:] Banjir Bandang Terjang Mekkah al-Mukarromah, Netizen Ramai-Ramai Kecam Dinasti Al-Saud

0
167

Mekkah, LiputanIslam.com   Banjir bandang dahsyat menerjang Mekkah al-Mukarromah,  Jumat  (23/12),  menyebabkan sejumlah orang dan banyak kendaraan terseret arus kencang di beberapa kawasan di kota suci ini.

Banjir itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur beberapa kawasan di negara kerajaan ini, sementara banyak netizen Arab melontarkan kecaman-kecaman pedas atas apa yang mereka sebut lemahnya kesiapan otoritas Saudi dalam mengantisipasi dampak cuaca buruk.

Pegiat medsos Saudi Ghanem Al-Dosari di Twitter memosting video yang memperlihatkan derasnya arus banjir bandang yang merendam jalanan kota suci Mekkah dan menyeret banyak mobil.

Al-Dosari mencuit, “Tunaikan shalat Jumat di rumah kalian, dan jangan melontarkan dirimu kepada kebinasaan. Mekkkah tenggelam oleh korupsi klan al-Saud, tak ada drainase sehingga air bah merendam Baitullah sebagaimana sebelumnya menggelamkan Jeddah.”

Para netizen berbagi penggalan-penggalan video yang merekam detik-detik banjir bandang terlihat bak tsunami yang mengamuk di sejumlah besar wilayah Saudi, terutama di Mekkah. Dalam video yang disebutkan sebagai banjir di kawasan Al-Otaibiyyah, Mekkah, terlihat kuatnya arus hingga menyapu banyak kendaraan.

Akun Huquq al-Dhauf yang juga membagikan video menyebutkan bahwa Mekkah al-Mukarromah dilanda banjir sedemikian dahsyat akibat tidak adanya kinerja yang memadai.  Sebuah akun lain lantas berkomentar; “Orang-orang lemah telah menjadi korban korupsi dan proyek-proyek ilusif. Mekkah yang dilanda hujan deras kini berubah menjadi (rawan) banjir akibat tidak adanya layanan.”

Pegiat medsos Yaman Aziz Akl-Dabibi menyatakan; “Visi Bin Salman (Putra Mahkota Saudi) 2030, air bah melanda Mekkah al-Mukarromah, rezim Saudi bukanlah pengemban amanat Baitullah al-Haram.”

Dilaporkan bahwa banjir bandang melanda kota Mekkah di Arab Saudi pada Jumat pagi setelah pada Kamis malam hingga Jumat pagi terjadi hujan lebat, dan kemudian menyebabkan air bah yang merusak kendaraan dan properti di kota tersebut.

Pusat Meteorologi Nasional mengeluarkan peringatan cuaca di provinsi Mekkah pada hari Jumat karena hujan terus turun pada tingkat sedang hingga kritis di daerah Rania, Taif, Adham dan Maysan.

Rekaman video dari Masjidil Haram menunjukkan hujan mengguyur jemaah di halaman masjid. Sejauh ini belum ada laporan mengenai korban jiwa atau hilang yang mungkin jatuh dalam bencana ini.

Bandara King Abdulaziz di Jeddah meminta para calon penumpang menelepon untuk mengkonfirmasi status penerbangan mereka sebelum menuju ke bandara, karena beberapa penerbangan diperkirakan akan dibatalkan akibat cuaca buruk tersebut.

Pusat meteorologi juga memperingatkan tentang banjir dan badai disertai hujan lebat di Provinsi Jeddah, utara Mekkah.

Pada bulan November lalu, dua orang tewas dalam banjir yang melanda kota pesisir Jeddah akibat tingginya curah hujan. (mm/alalam/mee)

Baca juga:

Usai Bertemu Menlu Saudi, Menlu Iran: Riyadh Siap Lanjutkan Dialog dengan Teheran

Komandan Pasukan Quds IRGC: Israel Pasti akan Terusir, Saudi Cuma Sampahnya AS

DISKUSI: