[Video] AL IRGC Dibekali dengan Ratusan Drone dan Helikopter Baru dan Canggih  Buatan Dalam Negeri

0
155

Teheran, LiputanIslam.com –  Ratusan  drone dan helikopter buatan dalam negeri, termasuk tiga drone lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL), telah diserahkan kepada pasukan elit Angkatan Laut (AL) Korps Garda Revolusi Islam (IRGC).

Upacara pengiriman 188 drone dan helikopter dilakukan di hadapan Panglima Tertinggi IRGC Mayjen Hossein Salami dan Panglima Angkatan Laut IRGC Laksamana Muda Alireza Tangsiri di kota pelabuhan Bandar Abbas, Iran selatan, Rabu (23/9/2020).

Pada upacara itu juga diluncurkan sebanyak tiga drone VTOL yang baru dikembangkan yaitu Sepehr, Shahab 2 dan Hodhod 4.

Dalam kata sambutannya, Tangsiri mengatakan bahwa drone-drone itu berkemampuan antara lain mengambil gambar medan perang sebagai alat penghancuran target tetap dan bergerak serta memantau semua pergerakan di laut.

“Mohajer 6 dengan presisi tinggi tinggi di laut dan pantai adalah drone lain yang bergabung dengan AL IRGC pagi ini. Drone ini mememiliki jangkauan penerbangan yang tinggi dalam radius, dapat membawa 4 rudal dan mampu menjalankan misi di segala kondisi cuaca,” lanjutnya.

Dia juga menjelaskan bahwa dua helikopter pendarat air dan 4 helikopter lainnya dengan kemampuan tempur yang membawa rudal juga dikirim ke AL IRGC.

Bulan lalu, Kepala Organisasi Industri Penerbangan Iran (IAIO) Brigjen Afshin Khajeh Fard menyebutkan bahwa negaranya sudah menempati posisi lima besar di dunia dalam pembuatan berbagai jenis drone.

“Badan-badan internasional yang menilai kekuatan tempur udara berbagai negara telah menempatkan Iran sebagai kekuatan dunia ke-5 di bidang drone atau UAV,” kata Khajeh Fard.

Mengenai penghentian sanksi senjata terhadap Teheran pada Oktober mendatang dia mengatakan negaranya berencana untuk bekerjasama dengan negara-negara lain setelah embargo itu dicabut dan kemudian juga dapat mengekspor produk militernya. (mm/fna/rta)

Baca juga:

Sindir AS di Sidang PBB, Rouhani Beberkan Peran Vital Iran di Kawasan

Ayatullah Khamenei: Musuh akan Membayar Mahal Jika Mengusik Keamanan Iran

DISKUSI: