Sindir AS di Sidang PBB, Rouhani Beberkan Peran Vital Iran di Kawasan

0
128

Teheran,LiputanIslam.com-Dalam sidang ke-75 PBB yang dilangsungkan secara virtual, Presiden Iran Hassan Rouhani menyindir watak semena-mena Pemerintah AS di dunia, bahkan bagi rakyatnya sendiri.

“Ilustrasi perlakuan Polisi AS terhadap seorang warga yang dipublikasikan ke seluruh dunia, adalah hal yang familiar bagi kami. Kami mengenal lutut yang menindih leher itu sebagai kaki arogan yang menggencet tenggorokan bangsa-bangsa merdeka,”kata Rouhani.

Menurutnya, selama beberapa dekade rakyat Iran telah membayar harga mahal untuk perlawanan terhadap kaum arogan dan penuntutan kemerdekaan seperti ini. Namun mereka tetap teguh melawan agresi serta menyuarakan perdamaian dan stabilitas.

“Kami mendampingi rakyat Afghanistan di hadapan Uni Soviet, kelompok ekstremis domestik, teroris al-Qaeda, dan penjajah AS. Iran juga memainkan peran penting dalam semua proses perdamaian, baik dalam Konferensi Bonn 2001 atau upaya-upaya regional lain,”tutur Rouhani.

“Saat Saddam menginvasi Kuwait, Iran adalah negara yang pertama kali membantu pemerintah dan rakyat Kuwait. Kami  telah menggagalkan impian Saddam untuk menundukkan para sekutu Arab-nya.”

Presiden Iran juga menyebut keberpihakan negaranya terhadap rakyat Irak dalam melawan kediktatoran Saddam, invasi AS, dan kebiadaban ISIS, tanpa membeda-bedakan antara Arab, Kurdi, Syiah, Sunni, Kristen, dan Izadi.

Ia juga menjelaskan dukungan Teheran untuk Suriah dan Lebanon saat kedua negara ini menghadapi gangguan dari para teroris, kelompok separatis, dan Zionis.

“Kami tidak pernah melakukan transaksi untuk mengorbankan Quds dan hak rakyat Palestina. Pada tahun 2012, Iran telah mengajukan solusi demokratis untuk masalah Palestina, yaitu usulanuntuk menyelenggarakan referendum,”tandasnya. (af/alalam)

Baca Juga:

Ayatullah Khamenei: Musuh akan Membayar Mahal Jika Mengusik Keamanan Iran

Pompeo Ancam Rusia dan China dengan Sanksi Jika Bertransaksi dengan Iran

DISKUSI: