Venezuela Mengaku Perlu Tambahan Stok Bahan Bakar dari Iran

0
100

Caracas, LiputanIslam.com Pemerintah Venezuela menyatakan negara di Amerika Selatan ini masih haus bahan bakar dan sedang mempertimbangkan impor lebih banyak bensin dan produk minyak lainnya dari Iran.

Sebelumnya, Venezuela telah menerima lima gelombang pengiriman bahan bakar dari Iran meskipun kedua negara yang bersahabat erat ini dikenai sanksi ketat oleh Amerika Serikat (AS).

“Teheran kemarin menawarkan pemasokan Venezuela dengan tambahan bensin dan kilang. Presiden Maduro kemungkinan besar akan menerima tawaran itu karena kami membutuhkan bahan bakar,” ungkap seorang pejabat kantor Presiden Venezuela ketika ditanya oleh Argus Media, Kamis (4/6/2020).

Pejabat lain mengatakan Caracas akan meminta kepada Teheran pasokan lebih lanjut dalam beberapa minggu mendatang demi memberi peluang lebih besar kepada perusahaan minyak negara Venezuela, PDVSA, untuk menghidupkan kembali sebagian kapasitas pengilangannya.

Baca: Tanker Dikawal Militer, Iran Berterima Kasih kepada Angkatan Bersenjata Venezuela

Presiden Venezuela Nicolas Maduro Selasa lalu mengaku bahwa jika kondisi memungkinkan terkait pandemi Covid-19 maka akan berkunjung  ke Iran untuk mengungkapkan terima kasihnya kepada pemerintah Iran dan menandatangani “perjanjian bilateral tingkat tinggi yang memperkuat hubungan energi, keuangan dan militer”.

Baca: Iran Siap Lanjutkan Pengiriman Bahan Bakar ke Venezuela Meski Diancam AS

“Saya berkewajiban untuk secara pribadi berterima kasih kepada orang-orang ini,” kata Maduro dalam pidato televisi pemerintah. (mm/fna)

DISKUSI:
SHARE THIS: