Iran Siap Lanjutkan Pengiriman Bahan Bakar ke Venezuela Meski Diancam AS

0
107

Teheran, LiputanIslam.com –Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi menegaskan negaranya akan melanjutkan pengiriman minyaknya ke Venezuela jika Caracas meminta lagi.

“Iran menggunakan haknya untuk perdagangan bebas dengan Venezuela, dan siap mengirim kapal lain jika Caracas meminta lebih banyak pasokan dari Iran,” ujar Mousavi dalam konferensi pers, Senin (1/6/2020).

Seperti diketahui, Iran belakangan ini mengirim armada lima kapal tanker minyak ke Venezuela, negara penghasil minyak terbesar di Amerika Selatan namun menderita krisis bensin.

Armada kapal tanker membawa total 1,53 juta barel minyak dan produk bensin ke Venezuela, menurut sumber dan perkiraan resmi.

Baca: Kapal Tanker Terakhir Tiba di Venezueala, Misi Pengiriman Minyak Iran Selesai

Pengiriman ini menyebabkan konfrontasi diplomatik antara Iran dan Venezuela di satu pihak dan Amerika Serikat (AS) di pihak lain, karena AS menerapkan sanksi terhadap kedua negara bersahabar tersebut.

Baca: Video: Jet Tempur Su-30 dan F-16 Kawal Kapal Tanker Minyak Iran di Venezuela

Seorang pejabat senior AS mengatakan Washington sedang mempertimbangkan langkah-langkah untuk merespons, tanpa memberikan rincian opsi. (mm/amn)

DISKUSI: