Usai Bertemu Bin Salman, Perdana Menteri Pakistan Urung Hadiri KTT Kuala Lumpur

0
159

Islamabad, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Pakistan Imran Khan membatalkan jadwal kunjungannya ke Malaysia, sementara Menteri Luar Negeri Shah Mehmood Qureshi diperkirakan akan mewakili Pakistan pada KTT Kuala Lumpur yang akan diselenggarakan pada 18-21 Desember mendatang.

Surat kabar Pakistan The News menyebutkan bahwa di antara para pemimpin negara Muslim terkemuka yang diperkirakan akan menghadiri KTT itu adalah Presiden Iran Hassan Rouhani, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan Emir Qatar Tamim bin Hamad.

Mengutip keterangan beberapa sumber, berbagai media melaporkan bahwa Imran Khan membatalkan kunjungan itu segera setelah dia mengadakan pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman di Riyadh.

Laporan itu menyebutkan, “Kerajaan Arab Saudi sangat kuatir terhadap pernyataan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad bahwa negara-negara Islam di KTT Kuala Lumpur akan membentuk platform baru untuk menggantikan Organisasi Kerjasama Islam (OKI), yang disebutnya gagal menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh umat Islam di dunia.”

Baca: Para Pemimpin Malaysia, Indonesia, Turki, Iran, Pakistan, dan Qatar akan Bahas Isu Dunia Islam

Sumber-sumber itu juga mengatakan bahwa Arab Saudi dan para sekutunya, termasuk UEA, Kuwait, dan Bahrain, menyayangkan kehadiran Emir Qatar, Presiden Turki, dan Presiden Iran di KTT itu, karena mereka kuatir terhadap kemungkinan pembentukan forum Islam baru.

Baca: Iran Nyatakan Tak Ada Perundingan Rahasia dengan Saudi Kecuali Mengenai Haji

Dengan urungnya kepergian Perdana Menteri Pakistan ke Kuala Lumpur Imran Khan menjadi pemimpin kedua yang mundur dari partisipasi dalam KTT Islam tersebut setelah Presiden Indonesia Joko Widodo juga urung dan digantikan oleh Wakl Presiden Maaruf Amin. (mm/raialyoum/malaysiakini)

DISKUSI: