Iran Nyatakan Tak Ada Perundingan Rahasia dengan Saudi Kecuali Mengenai Haji

0
81

Teheran, LiputanIslam.com –  Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran menepis kabar mengenai adanya perundingan negara ini dengan Arab Saudi selain urusan ibadah haji dan umrah jemaah Iran.

“Beberapa pernyataan dari Riyadh yang mengklaim pelaksanaan dialog dengan Teheran tidaklah faktual, kami berharap Riyadh melihat fakta dan berusaha mewujudkan keamanan di kawasan,” ungkap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi, Senin (16/12/2019), seperti dikutip oleh beberapa media Iran.

Dia menambahkan, “Pembicaraan bersama (Iran-Saudi) terbatas pada urusan haji dan umrah, tidak ada pembicaraan lain.”

Sebelumnya, surat kabar Wall Street Journal mengutip pernyataan seorang pejabat Saudi berkenaan dengan klaim tersebut.

Baca: Menlu Iran Apresiasi Upaya Saudi dan Qatar Mengatasi Krisis

“Saudi melakukan upaya tertutup untuk normalisasi hubungan dengan Iran dan pihak lawan lainnya di kawasan, karena kuatir konflik regional dapat membahayakan perekonomiannya,” bunyi pernyataan dari pejabat anonim Saudi itu.

Baca: Komandan Angkatan Laut Iran dan Qatar Gelar Pertemuan, Doha Berpihak ke Tehran?

Seperti diketahui, ketegangan di kawasan Teluk Persia belakangan ini meningkat sejak Saudi dan AS menuding Iran menyerang kapal-kapal dagang dan fasilitas minyak serta mengancam keamanan jalur pelayaran di Teluk Persia. Teheran menepis tuduhan ini sembari menawarkan penandatanganan perjanjian non-agresi kepada negara-negara Arab Teluk. (mm/raialyoum)

DISKUSI: