Para Pemimpin Malaysia, Indonesia, Turki, Iran, Pakistan, dan Qatar akan Bahas Isu Dunia Islam

0
181

Ankara, LiputanIslam.com –  Sejumlah pejabat di Ankara menyatakan bahwa Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan akan menghadiri pertemuan puncak di Malaysia untuk membahas berbagai persoalan yang melilit Dunia Islam.

Kantor berita resmi Turki, Anatolia, Ahad (15/12/2019), melaporkan bahwa Erdogan akan menghadiri pertemuan itu atas undangan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, dan pertemuan itu rencananya akan diselenggarakan di Kuala Lumpur, ibu kota Malaysia, pada hari ini, Senin (16/12/2019).

Disebutkan bahwa pertemuan itu akan membahas berbagai isu dan tema yang terkait dengan Dunia Islam antara lain;  kemerdekaan, pembangunan, administrasi, identitas, budaya, keadilan dan kebebasan.

Baca: Terhasut Adu Domba Amerika, Raja Saudi Ajak GCC untuk Melawan Iran

Anatolia menambahkan bahwa pertemuan puncak ini juga akan dihadiri oleh perwakilan dari Indonesia, Iran, Pakistan, dan Qatar, dan bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi Dunia Islam serta merumuskan dan memberikan solusinya.

Baca: Iran Sindir Deklarasi GCC, Serukan Persatuan Ketimbang Permusuhan

Dari daftar nama negara yang diundang dalam pertemuan ini tampak bahwa Mahathir Mohammad sebagai  penggagasnya tidak menaruh perhatian kepada Arab Saudi dan sejumlah negara sekutunya di Teluk Persia, meskipun Saudi selama ini justru selalu berusaha mengesan dirinya sebagai poros Dunia Islam. (mm/raialyoum)

DISKUSI: