Upaya AS di PBB Perpanjang Embargo Senjata Iran Gagal

0
120

NewYork, LiputanIslam.com –  Amerika Serikat (AS) gagal dalam sepak terjangnya di Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang embargo senjata Iran.

Rusia dan China keberatan terhadap upaya AS tersebut, sementara Inggris, Prancis, Jerman dan delapan anggota lainnya abstain dalam pemungutan suara untuk draft resolusi perpanjangan embargo tersebut, Jumat (14/8/2020).

Di antara 15 anggota Dewan Keamanan PBB, hanya AS dan Republik Dominika yang memberikan suara mendukung.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengecam Dewan Keamanan PBB dan mengklaim bahwa penolakan terhadap draf resolusi itu membuka peluang  bagi Iran untuk membeli dan menjual senjata konvensional tanpa batasan khusus dari PBB.

Dalam sebuah pernyataan, Pompeo menyebut Dewan Keamanan “menolak resolusi yang masuk akal untuk memperpanjang embargo senjata yang sudah berusia 13 tahun terhadap Iran, dan membuka jalan bagi negara sponsor terorisme terkemuka dunia untuk membeli dan menjual senjata konvensional tanpa batasan khusus PBB untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade.”

“Kegagalan Dewan Keamanan untuk bertindak tegas dalam mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional tidak bisa dimaafkan,” imbuhnya.

Dia menekankan bahwa AS akan terus berupaya “memperbaiki kesalahan ini”. (mm/rtarabic/politico)

Baca:

Dubes Iran untuk Venezuela Bantah Klaim Soal Penahanan Tanker Iran

Iran Sebut UEA Layani Ambisi Israel dan Terjebak Api Zionisme

DISKUSI: