Dubes Iran untuk Venezuela Bantah Klaim Soal Penahanan Tanker Iran

0
144

Teheran,LiputanIslam.com-Harian Wall Street Journal mengklaim, AS untuk pertama kalinya menahan kapal tanker yang melanggar sanksi AS dengan memuat minyak Iran.

WSJ melaporkan, kapal tanker Luna, Pandi, Bering, dan Bella telah ditahan beberapa hari lalu di perairan bebas. Kini 4 tanker tersebut sedang dibawa menuju Houston di Negara Bagian Texas.

Seorang pejabat AS mengatakan, tanker-tanker itu ditahan tanpa menggunakan kekuatan militer. Namun dia tidak memberikan penjelasan lebih rinci.

Bulan lalu, Jaksa AS mengeluarkan surat perintah untuk menahan 4 tanker yang tengah menuju Venezuela tersebut. Saat itu, dikabarkan bahwa tanker-tanker tersebut berlayar dengan bendera Liberia dan miliki sebuah perusahaan di Yunani.

Surat perintah ini dirilis menyusul kegagalan AS sebulan sebelum itu dalam mencegah pengiriman BBM Iran untuk Caracas.

Meski demikian, klaim penahanan tanker dengan bendera atau kepemilikan Iran itu dibantah Dubes Iran untuk Venezuela.

Melalui akun Twitter, Hojjat Soltani menujukan cuitannya kepada WSJ dan menulis,”Ini sebuah kebohongan psy war lain dari perangkat propagandan imperialisme AS. Tanker-tanker itu bukan milik Iran. Pemilik atau bendera tanker-tanker itu juga tak ada kaitannya dengan Iran. Trump si Teroris tidak bisa menebus kehinaan dan kekalahannya di hadapan bangsa besar Iran dengan propaganda dusta.” (af/fars)

Baca Juga:

Iran Sebut UEA Layani Ambisi Israel dan Terjebak Api Zionisme

Rouhani Peringatkan Eropa Soal Keberpihakan kepada AS untuk Resolusi Anti-Iran

 

DISKUSI: