Ukraina Putuskan Hubungan dengan Suriah setelah Damaskus Akui Kemerdekaan Lugansk dan Donetsk.

0
86

Kyiv, LiputanIslam.com  Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengumumkan pemutusan hubungan dengan Suriah setelah Damaskus mengakui kemerdekaan dua wilayah yang memisahkan diri dari Ukraina.

“Tidak akan ada lagi hubungan antara Ukraina dan Suriah,” kata Zelensky dalam sebuah video di Telegram.

Sebelumnya pada hari Rabu (29/6), dikutip kantor berita resmi Suriah SANA, seorang pejabat kementerian luar negeri Suriah mengatakan: “Suriah telah memutuskan untuk mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Republik Rakyat Lugansk dan Republik Rakyat Donetsk.”

Pejabat itu menambahkan,  “Kami akan berkomunikasi dengan kedua negara untuk menyepakati kerangka kerja untuk memperkuat hubungan, termasuk menjalin hubungan diplomatik sesuai dengan aturan yang ditetapkan.”

Beberapa waktu lalu Presiden Suriah Bashar Al-Assad ketika dikunjungi oleh delegasi Rusia menyatakan bahwa Moskow dan Damaskus memerangi musuh yang sama.

Sebelum melancarkan invasi ke Ukraina, Rusia mengakui kemerdekaan negara bagian Donetsk dan Lugansk yang memisahkan diri dari Ukraina dan menyatakan lepas dari kendali Kyiv sejak 2014. (mm/raialyoum/alarabiya)

Baca juga:

AS : Zelensky Harus Terima Wilayah Ukraina akan Menyusut

PBB: Perang Suriah Tewaskan 1,5% Penduduknya

DISKUSI: