PBB: Perang Suriah Tewaskan 1,5% Penduduknya

0
59

Jenewa, LiputanIslam.com  Kantor HAM PBB menyatakan bahwa menurut perkiraan tertinggi, konflik yang melanda Suriah sejak Maret 2011 telah merenggut nyawa 306.887 warga sipil, atau sekitar 1,5%  populasi negara ini sebelum perang.

Pertempuran dalam konflik Suriah telah berhenti di sebagian besar front sejak sekian tahun lalu, tapi kekerasan dan krisis kemanusiaan terus berlanjut dan jutaan orang masih terlantar masih di perbatasan Suriah.

Berdasarkan delapan sumber informasi dalam 10 tahun pertama konflik hingga Maret 2021, jumlah terbaru korban tewas rata-rata 83 orang per hari, termasuk 18 anak kecil.

Sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Dewan HAM PBB di Jenewa menyatakan, “Jumlah korban sipil dalam sepuluh tahun terakhir mewakili 1,5 persen dari total populasi Republik Arab Suriah pada awal konflik, sehingga menimbulkan kekhawatiran serius atas kegagalan pihak-pihak dalam konflik ini menghormati standar kemanusiaan hukum internasional perihal perlindungan warga sipil.”

Laporan itu juga menyatakan bahwa perkiraan tersebuti mewakili “hanya sebagian dari total kematian”, karena hanya mencakup mereka yang meninggal sebagai akibat langsung dari perang dan bukan kematian tidak langsung semisal akibat minimnya layanan kesehatan dan persedian makanan atau air, dan juga tidak termasuk kematian non-sipil. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Menlu Suriah: Mimpi Keji Turki tak akan Menjadi Kenyataan

Hamas Jaga Ikatan Baik dengan Ansarullah Yaman dan akan Pulihkan Hubungan dengan Suriah

 

DISKUSI: