UEA Diam-Diam “Memohon” kepada Sanaa supaya Yaman Tidak Melanjutkan Serangan

0
373

Sanaa, LiputanIslam.com –   Sumber-sumber di Yaman menyatakan bahwa Uni Emirat Arab (UEA) telah mengajukan permohonan kepada pemerintah Yaman kubu Sanaa agar Yaman tidak melanjutkan serangan ke wilayah UEA.

Kepada situs berita Al-Khabar Al-Yamani, Kamis (27/1), sumber-sumber anonim itu mengatakan, “Para diplomat senior UEA telah mengontak pemerintah Yaman dan “memohon” supaya operasi serangan pasukan Yaman terhadap UEA dihentikan, dan mereka berjanji bahwa UEA akan menarikan pasukannya dari Yaman secara bertahap jika serangan rudal dan drone itu dihentikan.

Menanggapi permohonan itu, pemerintah Yaman di Sanaa menetapkan satu syarat berupa “keluarnya semua pasukan UEA secepatnya dari kancah perang Saudi terhadap Yaman”.

Sumber-sumber menambahkan bahwa media UEA dan semua media berafiliasi dengan pasukan koalisi pimpinan Saudi  “menyembunyikan permohonan memalukan itu” dengan cara membangun opini kemenangan pasukan koalisi.

Seperti diketahui, pasukan Yaman kubu Sanaa telah melancarkan dua gelombang serangan rudal dan drone bersandi Badai Yaman ke wilayah UEA. Gelombang pertama terjadi pada pekan lalu yang dilaporkan telah menghantam komplek kilang minyak Al-Musaffah dan Bandara Abu Dhabi. Sedangkan gelombang kedua terjadi pada awal pekan ini dengan sasaran antara lain Pangkalan Udara Al-Dhafra.

Belakangan ini pasukan Yaman mengaku akan “berpartisipasi dalam pameran” Expo Dubai  karena “ada hal-hal yang bagus untuk dipamerkan”, suatu isyarat bahwa mereka akan menjadikan komplek pameran bergengsi di UEA akan menjadi salah satu target gelombang serangan Yaman selanjutnya. (mm/fna)

Baca juga:

UEA Minta AS Kembali Cantumkan Ansharullah dalam Daftar Sanksi

UEA Ancam Hukum Orang yang Sebarkan Video Serangan Yaman

DISKUSI: