UEA Ancam Hukum Orang yang Sebarkan Video Serangan Yaman

0
370

AbuDhabi, LiputanIslam.com –   Otoritas Uni Emirat Arab (UEA) memanggil sejumlah orang setelah beberapa rekaman video amatir serangan rudal dan drone Yaman tersebar viral di media sosial.

Dalam sebuah pernyataan yang dilansir kantor berita UEA, WAM, Rabu (26/1), Kejaksaan Umum UEA memperingatakan, “Video-video seperti ini membuat instalasi-instalasi vital dan militer terancam bahaya dan dapat mengusik keamanan dan stabilitas masyarakat.”

Kejaksaan Umum lantas menyatakan bahwa tindakan hukum akan diambil terhadap orang menyebarkan video demikian, dan karena itu masyarakat dimintanya untuk mematuhi undang-undang yang berlaku karena pelanggaran terhadapnya dapat “membangkitkan keresahan di tengah masyarakat”.

Beredarnya berapa video yang merekam detik-detik serangan Yaman di Abu Dhabi dan Dubai beberapa hari lalu meresahkan otoritas UEA yang berusaha menyembunyikan fakta-fakta di lapangan.

Sementara itu, otoritas Expo Dubai dalam sebuah pernyataan di hari yang sama mengumumkan penangguhan salah satu acaranya dengan alasan faktor “situasi darurat”, menyusul adanya isyarat dari pasukan Yaman kubu Sanaa untuk menyerang Expo Dubai.

Di situs resminya, Expo Dubai menyatakan, “Sayang sekali, kami umumkan kepada para pengunjung bahwa karena situasi darurat maka acara konser Cairokee (grup band Mesir) yang sedianya akan diselenggarakan pada tanggal 30 Januari di Panggung Jubilee ditangguhkan. Jadwal baru penyelenggaraan konser akan segera diumumkan di halaman-halaman kami di dunia maya.”

Seperti pernah diberitakan, Jubir militer Yaman kubu Sanaa, Brigjen Yahya Saree, pada Selasa malam (25/1), mengisyaratkan bahwa Dubai Expo akan menjadi target serangan, setelah kubu Sanaa melancarkan dua gelombang serangan rudal balistik dan drone ke UEA akhir-akhir ini.

Di halaman Twitter-nya, Saree membuat tagar #expo dan menyatakan,“Anda mungkin gagal menghadapi kami… Saya menyarankan untuk mengubah tujuan.”

Bersamaan dengan ini, Menteri Informasi Yaman Nasrullah Amir menyatakan, “Tampaknya, Dubai akan lebih indah, apakah pasukan kami akan berpartisipasi di tempat pameran? Terlebih karena ada hal-hal yang bagus untuk dipamerkan.”

Isyarat berbau ancaman itu datang ketika Presiden Israel Isaac Herzog mengaku akan melakukan kunjungan pertamanya ke UEA pada pekan depan. (mm/alalam/fna)

Baca juga:

Serangan Yaman Bikin Israel Ketar Ketir Soal Lawatan Presidennya ke UEA

Militer Yaman Isyaratkan Serangan ke Dubai Expo

DISKUSI: