Ucapan Selamat Mengalir dari Berbagai Negara atas Kemenangan Ebrahim Raisi dalam Pilpres Iran

0
579

Teheran, LiputanIslam.com –  Ucapan selamat sejauh ini telah mengalir dari berbagai negara, termasuk Rusia, Turki, Irak, Suriah, Kuwait, Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA) serta faksi-faksi pejuang Palestina atas kesuksesan pilpres Iran dan terpilihnya Ketua Mahkamah Agung Sayid Ibrahim Raisi sebagai presiden baru Iran.

Presiden Rusia Vladimir menyampaikan ucapan selamatnya melalui sepucuk surat yang dilayangkan kepada Raisi, Sabtu, sebagaimana dinyatakan oleh Kedubes Rusia untuk Iran kepada kantor berita Novosti.

Atase Pers Kedutaan Besar Rusia di Teheran, Maxim Soslov, mengatakan bahwa dalam surat itu Putin menyatakan harapannya agar hubungan bilateral Moskow-Teheran terus berkembang di berbagai bidang serta isu internasional. Putin juga menekankan kesiapan Rusia untuk memperkuat kerjasama dengan Iran di masa kepresiden Raisi.

Presien Turki Recep Tayyip Erdogan menyampaikan ucapan selamat kepada Raisi disertai ungkapan harapannya agar pilpres Iran membuahkan “ hasil yang baik bagi bangsa Iran,  yang disebut Erdogan sebagai bangsa “sahabat dan saudara” bagi Turki.

Erdogan juga mengatakan, “Saya akan bahagia berkunjung Iran setelah pandemi Corona dalam rangka pertemuan tingkat tinggi Dewan Kerjasama Turki-Iran yang akan datang.”

Presiden Irak Barham Salih dalam surat ucapan selamatnya sembari menyebutkan, “Kami di Irak mengharapkan penguatan hubungan yang mendalam dengan Iran dan bangsanya yang terhubung dengan bangsa kami dengan ikatan peradaban, kebudayaan dan sosial yang mengakar sepanjang sejarah.”

Salih juga tak lupa mengapresiasi kebersamaan Iran dengan Irak dalam perang melawan teroris dan radikalisme.

Senada dengan ini, Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi, menggaris bawahi eratnya hubungan bangsa Irak dan bangsa Iran serta harapan Al-Kadhimi akan menguatnya hubungan ini demi kepentingan kolektif kedua negara serta keamanan dan stabilitas regional.

Ucapan selamat juga dinyatakan oleh beberapa negara Arab lain, yaitu Suriah, Kuwait, Qatar dan UEA serta faksi-faksi pejuang Palestina, termasuk Hamas dan Jihad Islam Palestina.

Para pengamat menyebutkan bahwa negara-negara Arab di kawasan Teluk Persia tak akan mundur dari dialog mereka dengan Iran untuk perbaikan hubungan, meski berkemungkinan akan menjadi lebih alot dengan terpilihnya Ebrahim Raisi yang oleh Barat disebut-sebut sebagai tokoh ultrakonservatif Iran.(mm/raialyoum)

Baca juga:

Ini Pemenang Asli Pemilu di Mata Pemimpin Iran

Presiden Terpilih Iran Pastikan Konsisten pada Janji dan Tak akan Ragu Mengabdi

 

DISKUSI: