Turki Pastikan Siap Kirim Pasukan ke Karabakh

0
119

Ankara, LiputanIslam.com –  Pemerintah Turki memastikan pihaknya tak akan ragu mengirim pasukan ke kawasan kanflik Nagorno-Karabakh jika ada permintaan dari pemerintah Azerbaijan.

Kepastian itu ditegaskan oleh Wakil Presiden Turki Fuat Oktay dalam wawancara dengan CNN Turk, Rabu (21/10/2020), sembari menyebutkan bahwa sejauh ini Ankara belum menerima permintaan dari Baku terkait dengan perang antara Azerbaijan dan Armenia tersebut.

Oktay kemudian menuding para pemimpin kelompok Minsk dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa, Rusia, Amerika Serikat, dan Prancis, malah berusaha merawat konflik Nagorno- Karabakh dan memberikan dukungan politik dan militer kepada Armenia.

Di pihak lain, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis dalam pertemuan puncak dengan para pemimpin Siprus dan Mesir di Nicosia itu, Rabu, menyebut Turki memiliki “ilusi imperialis” di Mediterania timur.

Mitsotakis menyerukan dialog Uni Eropa, Rusia dan Amerika Serikat, dan menuding Turki menggunakan “retorika ekstremis”, melakukan tindakan sepihak, dan mengabaikan tatanan internasional.

Pemimpin Yunani itu juga mengatakan bahwa Turki terbawa “ilusi imperialistik disertai dengan tindakan agresif dari Suriah ke Libya, dari Somalia ke Siprus, dan dari Laut Aegea ke Kaukasus.”

Dalam pertemuan puncak segi tiga itu Mitsotakis serta Presiden Siprus Nikos Anastasiades dan Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi juga mengecam perilaku Turki di Varosha yang mereka nilai melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Pasukan Turki Keluar, Jet Tempur Rusia Lancarkan Serangan Sengit Terhadap Militan di Suriah

Mata-mata UEA Ditangkap di Turki

DISKUSI: