Turki Deportasi Puluhan Anggota Hamas Sesuai Permintaa Israel

0
203

Quds, LiputanIslam.com  Pihak berwenang Turki mulai mendeportasi puluhan aktivis Palestina yang terkait dengan gerakan HAMAS dari wilayahnya, demikian dilaporkan surat kabar Israel Hayom, seperti dikutip Rai Al-Youm, Rabu (27/4).

Seorang pejabat Palestina mengatakan kepada surat kabar Israel bahwa Rezim Zionis belum lama ini telah memberi Turki daftar nama anggota HAMAS  serta  informasi keterlibatan mereka dalam kegiatan “teror”,  yang mendorong Ankara untuk meminta mereka meninggalkan wilayah Turki.

“Turki telah meminta orang-orang ini pergi, dan ini sudah terjadi dalam beberapa bulan terakhir. Beberapa orang yang memiliki hubungan dengan sayap militer Hamas telah dideportasi ,” ungkap pejabat anonim itu.

Dia menambahkan: “Turki memberi tahu pemimpin Hamas bahwa ‘kepentingan ekonomi’ memainkan peran dalam hubungan dengan Israel,… Hubungan baru antara Turki dan Israel seharusnya bersifat diplomatik dan politik, tapi HAMAS tahu bahwa Israel memiliki pengaruh atas Turki dalam masalah keamanan. Beberapa perwakilan keamanan Israel juga telah mengunjungi Turki.”

Sementara itu, petugas medis dan kelompok Jihad Islam Palestina menyatakan tentara Israel telah membunuh seorang pria Palestina di Tepi Barat, dalam bentrokan yang meletus setelah serangan pada hari Rabu.

Ini adalah kedua kalinya dalam dua hari berturut-turut pasukan Israel membunuh orang Palestina dalam serangan larut malam.

Militer Israel menyatakan pihaknya telah menangkap dua tersangka dalam “kegiatan anti-teror” di kota Jenin, dan kemudian puluhan warga Palestina melemparkan batu dan alat peledak serta melepaskan tembakan terhadap pasukan Israel, yang lantas merespon dengan menembakkan peluru tajam.

Kementerian Luar Negeri Palestina menyatakan pihkanya “mengutuk keras kejahatan eksekusi syahid muda Ahmed Muhammad Lotfi Massad, 21 tahun, dari kota Burqin.”

Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, setidaknya satu warga Palestina tampak menembak di jalan, sementara suara tembakan lebih banyak juga terdengar.

Gerakan Jihad Islam menyatakan bahwa Massad adalah salah satu anggotanya, yang gugur syahid dalam konfrontasi dengan pasukan pendudukan. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Sayyid Nasrallah Sarankan Ubah Nama ‘Poros Resistansi’ Jadi ‘Poros Quds’

Empat Tentara Suriah Gugur Terkena Serangan Israel

DISKUSI: