Turki Ancam Tumpas Musuhnya di Libya, LNA Siap Hadapi Serangan

0
63

Ankara, LiputanIslam.com –  Kepala Departemen Komunikasi Kepresidenan Turki, Fahrettin Altun, menyatakan negaranya sanggup menumpas apa yang disebutnya “front ilegal” di Libya.

Sebelumnya, Dewan Keamanan Nasional Turki menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Mengomentari rapat ini, Fahrettin Altun di akun Twitter-nya, Kamis (23/7/2020), bersumbar; “Turki memiliki kemampuan untuk menghancurkan front ilegal di Libya, sebagaimana  telah menghancurkan organisasi-organisasi teroris, Partai Pekerja Kurdistan (PKK), Unit Perlindungan Kurdi (YPG), ISIS, dan Gulen.”

Seperti diketahui, Turki menyokong kubu Pemerintah Kesepakatan Nasional Libya (GNA) yang dipimpin Fayez al-Sarraj dan bermarkas di Tripoli, Libya barat, dalam konfliknya melawan kubu Tentara Nasional Libya (LNA) yang dipimpin Marsekal Lapangan Khalifa Haftar di Libya timur dan didukung Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA).

LNA sempat menyerbu Tripoli tapi kemudian terpukul mundur setelah Turki turun tangan menyokong GNA. Belakangan ini GNA akan segera melancarkan serangan balik untuk merebut kembali kota Sirte dan daerah Al-Jafrah di dekatnya.

GNA dan Turki bersikukuh bahwa LNA harus keluar dari Sirte dan Al-Jafrah jika menghendaki gencatan senjata, sementara Mesir menyebut dua tempat itu sebagai “garis merah” sehingga mengancam akan melakukan intervensi militer di Libya.

Sementara itu, LNA, mengaku pertahanan udaranya telah menembak jatuh satu unit drone buatan Turki di angkasa Sirte, Kamis.

Perwira Angkatan Udara LNA, Mahmoud Al-Marghani, mengatakan, “Pagi ini orang Turki menerbangkan drone dari salah satu pangkalannya di Misrata menuju kota Sirte untuk menarget posisi Angkatan Bersenjata Libya. Media pertahanan udara telah menembaknya jatuh di dekat pantai barat kota Sirte sebelum mencapai posisi angkatan bersenjata Libya.”

Laporan lain menyebutkan bahwa LNA mengaku telah meningkatkan angkatan udaranya dan mempersiapkan pasukan daratnya untuk menghadapi serangan mendatang Turki terhadap posisi mereka di Sirte. (mm/alalam/amn)

Baca juga:

Turki Sebut Mesir akan Celaka Jika Ikut Terlibat dalam Perang Libya

Pergerakan Mesir dan Turki Menuju Perang di Libya

 

DISKUSI: