Tunjukkan Foto Satelit, Menhan Israel Kecam Patroli Kapal Perang Iran di Laut Merah

0
170

Athena, LiputanIslam.com  Menhan Rezim Zionis Israel Benny Gantz menyatakan bahwa kapal-kapal perang Iran berkeliaran di Laut Merah dalam beberapa bulan terakhir dan menyebutnya sebagai ancaman bagi stabilitas regional.

Dalam sebuah pertemuan dengan Athena, ibu kota Yunani, Gantz memperlihatkan gambar satelit yang dia sebut menunjukkan aktivitas maritim militer Iran yang “paling signifikan” di Laut Merah dalam satu dekade.

“Iran memperluas kegiatannya di arena maritim. Selama tahun lalu, Iran telah menyita tanker internasional dan menyerang kapal. Hari ini, kami dapat mengkonfirmasi bahwa Iran secara metodis mendasarkan dirinya di Laut Merah, dengan kapal perang berpatroli di wilayah selatan, ”kata Gantz pada konferensi Meja Bundar Pemerintah Ekonomi yang diadakan di Yunani, Selasa (5/7).

“Anda dapat melihat kapal-kapal di gambar satelit di belakang saya,” katanya di hadapan para rekannya dari Yunani dan Siprus sembari menunjuk ke slide empat kapal perang militer Iran.

“Dalam beberapa bulan terakhir, kami telah mengidentifikasi kehadiran militer Iran yang paling signifikan di kawasan ini dalam dekade terakhir. Ini adalah ancaman langsung terhadap perdagangan internasional, pasokan energi, dan ekonomi global,” lanjutnya.

Dia juga mengklaim,“Ini juga merupakan ancaman langsung terhadap perdamaian dan stabilitas di arena maritim, yang dapat mempengaruhi Mediterania dan sekitarnya.”

Rezim Zionis Israel dan sejumlah rezim Arab takut terhadap meluasnya pengaruh Iran di Timur Tengah serta pesatnya program nuklir Teheran.

Menjelang kunjungan Presiden AS Joe Biden ke Timur Tengah minggu depan, Gantz menyerukan penguatan hubungan keamanan dengan negara-negara Teluk Arab yang telah bergerak lebih dekat ke Israel sebagai bagian dari kampanye diplomatik yang disponsori AS pada tahun 2020.

Iran sendiri  berulang kali memastikan program nuklirnya  bertujuan damai dan mengimbau negara-negara Arab untuk tidak termakan oleh Iranfobia yang dikampanyekan Israel demi memecah belah dan melemahkan umat Islam yang seharus berfokus pada pembebasan Palestina dari pendudukan kaum Zionis. (mm/raialyoum)

Baca juga:

Wasekjen PFLP: Perang Besar Poros Resistensi VS Israel Pasti akan Berkobar

Israel Ketakukan Meski Mengklaim Berhasil Menembak Tiga Drone Hizbullah

DISKUSI: