Israel Ketakukan Meski Mengklaim Berhasil Menembak Tiga Drone Hizbullah

0
309

Quds, LiputanIslam.com  Ketakutan mewarnai Israel  meski militer Zionis mengaku telah berhasil merontokkan tiga drone yang diterbangkan Hizbullah Lebanon pada Sabtu lalu ke arah rig pengeboran minyak lepas pantai yang diadakan Israel di kawasan Karish yang dipersengkatan dengan Lebanon.

Menurut laporan Rai Al-Youm, Senin (4/7), media Israel telah mengutip keterangan sumber keamanan bahwa kekhawatiran merebak di Israel menyusul pernyataan Hizbullah mengenai niatnya untuk menerbangkan sejumlah drone lagi, karena “pengoperasian drone jauh lebih murah daripada pencegatan terhadapnya” dan juga karena “ada opsi lain Hizbullah berupa pengiriman drone pembawa bahan peledak.”

Disebutkan bahwa Brigjen (purn) Israel Amir Avivi mengatakan, “Hizbullah mampu menyerang target-target strategis di Israel dengan ratusan drone dalam satu tempo. Dalam satu dekade terakhir, Hizbullah telah menambah persenjataannya dari 50 drone menjadi lebih dari 2000 drone.”

Pendiri  Israel Defense and Security Forum (IDSF) ini menjelaskan, “Bayangkan seandainya Hizbullah mengirim sebuah skuadron yang terdiri atas 100 drone dan melintasi perbatasan menuju Pelabuhan Haifa. Di sinilah tantangan operasional dengan skala yang berbeda.”

Dia menambahkan, “Penting untuk kita ketahui bahwa Iran dan Hizbullah tak takut berkonfrontasi, dan tak takut gagal dari waktu ke waktu. Mereka mempelajari, berkonfrontasi, membesar dan merencanakan pertempuran yang puluhan kali lebih besar daripada apa yang kita ketahui selama ini.”

Sementara itu Kolonel purnawirawan Pasukan Cadangan Israel Yossi Lengotsky mengatakan, “Jika Karish diserang, itu akan menjadi peristiwa yang sangat berbahaya. Ini adalah anjungan lepas pantai yang sangat istimewa, dibangun di timur jauh, dalam jangka waktu yang sangat lama. Serangan terhadapnya dapat melumpuhkan ekstraksi gas. Fakta bahwa Karish yang berjarak 90 kilometer dan berbeda dengan anjungan Tamar dan Levitan yang terletak di dekat pantai akan memukul kita dan sulit untuk dilindungi.”

Website Israel Walla melaporkan bahwa meski militer Israel berbangga telah berhasil mencegat tiga drone Hizbullah yang meluncur ke arah rig ladang gas Karish, namun penyelidikan awal menunjukkan bahwa mereka kesulitan melacak drone kedua dan memfokuskan rudal terhadapnya karena beberapa faktor.

Militer Israel kemudian melepaskan satu rudal lain ke drone itu tapi gagal mengena target. Para pilot juga kesulitan mendeteksi drone ketiga karena melesat pada ketinggian rendah.

Sejak Hizbullah menerbangkan tiga drone tak bersenjata ke Karish pada akhir pekan lalu, berbagai analisis Israel terus berlanjut tentang itu, dan media Israel berulang kali melaporkan “perimbangan baru yang diumumkan oleh Hizbullah , dan problematika Israel dalam meresponnya.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Israel: Rudal Jelajah Hizbullah Ancaman Utama bagi Ladang Gas Karish

Hizbullah Siapkan Kejutan Untuk Israel

DISKUSI: