Tuding Israel, Militer Iran Pastikan akan Balas Serangan terhadap Kapal Iran

0
621

Teheran, LiputanIslam.com –   Jubir Angkatan Bersenjata Iran Brigjen Abolfazl Shekarchi menyatakan negaranya akan membalas serangan terhadap kapal Iran di Laut Merah.

“Tak ada keraguan sama sekali bahwa kami akan membalas serangan terhadap kapal kami, Saviz, di Laut Merah setelah pihak yang terlibat diketahui. Kami tak akan diam. Namun kami tak dapat bereaksi apapun sebelum penyelidikan selesai dan diketahui seluk beluk peristiwanya,” ujar Shekarchi, Kamis (8/4).

Dia menambahkan, “Kami tak menuduh satupun negara Teluk Persia terlibat dalam peristiwa serangan terhadap kapal kami di Laut Merah. Tuduhan mengarah kepada musuh-musuh langsung kami, Rezim Zionis dan AS.”

Dia juga mengatakan, “Washington, tak syak lagi, terlibat dalam semua upaya yang bertujuan mengusik dan merugikan Iran.”

Seperti pernah diberitakan, kapal Saviz berbendera Iran di Laut Merah Selasa lalu diterjang ledakan yang diduga terjadi akibat serangan. Kejadian ini menyebabkan kerusakan pada kapal namun tak ada laporan mengenai korban jiwa ataupun luka.

Media Iran, Kamis, melaporkan rincian baru mengenai insiden tersebut dengan mengutip keterangan seorang anggota awak kapal.

“Sehari sebelum kejadian, sebuah helikopter tak dikenal di atas mengintai Saviz selama 5 hingga 10 menit,” ungkap sumber itu.

Sumber itu menambahkan, “Pada hari kejadian, lebih dari empat jam setelah penyerangan pada kapal, dari pukul 10.00 hingga 11.00 waktu setempat, dua kapal cepat tak dikenal mengintai di dekat kapal.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatizadeh mengatakan kepada wartawan bahwa kapal logistik Saviz mengalami kerusakan ringan akibat ledakan yang terjadi sekitar pukul 6 pagi waktu setempat (0300 GMT) pada hari Selasa, 5 April, di lepas pantai Djibouti.

Sesuai dengan pengumuman resmi sebelumnya dan berkoordinasi dengan Organisasi Maritim Internasional (IMO), kapal non-militer Saviz ditempatkan di Laut Merah dan Teluk Aden untuk keamanan maritim dan melindungi kapal dagang Iran dari aksi perompakan.

Kapal tersebut telah bertindak sebagai stasiun logistik Iran di Laut Merah dan Teluk Aden, dan misinya telah diumumkan ke IMO.

Press TV milik Iran mengutip laporan  New York Times Rabu lalu bahwa seorang pejabat anonim AS mengatakan bahwa Israel telah memberi tahu AS bahwa pasukan Israel telah menyerang sebuah kapal Iran di Laut Merah sebagai pembalasan, dan bahwa kapal itu telah diserang di bawah garis air.

Insiden serupa juga terjadi pada bulan lalu  di mana sebuah kapal kargo Iran rusak terkena serangan teroris dalam perjalanan di Laut Mediterania menuju Eropa.

Sebelum itu, pada 25 Maret Israel mengaku bahwa  kapal kontainer Lori miliknya terkena serangan rudal Iran di Laut Arab,  namun tidak ada korban atau kerusakan signifikan yang dilaporkan. (mm/alalam/mna)

Baca juga:

Iran Konfirmasi Terjadinya Ledakan pada Kapalnya di Laut Merah

AS Siap Cabut Samua Sanksi Terhadap Iran, Israel Teriakkan lagi Klaim Bahaya Nuklir Iran

DISKUSI: