Tokoh Ansarullah Yaman Ungkap Motif Video Hoax Saudi Ihwal Pelabuhan Hudaydah

0
291

Sanaa, LiputanIslam.com –  Anggota Dewan Tinggi Politik Yaman Mohammad Ali Al-Houthi, Senin (10/1), menyatakan bahwa pasukan koalisi yang dipimpin Arab Saudi terjebak dalam suatu dilema yang membuat mereka berusaha melakukan pembenaran atasnya menjelang sidang Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang rencananya akan digelar pada akhir bulan ini.

Hal itu diungkap Al-Houthi terkait dengan motif pasukan koalisi mencomot penggalan video lawas buatan Amerika Serikat (AS) sebagai video yang mereka sebut rekaman tempat penyimpanan rudal balistik Ansarullah di Pelabuhan Hudaydah.

Ali Al-Houthi di halaman Twitter-nya turut berkomentar ihwal aksi konyol pasukan koalisi tersebut dengan menyatakan bahwa pasukan ini sedang berusaha mencari pembenaran atas serangan ke Pelabuhan Hudaydah karena khawatir mendapat kecaman internasional dalam sidang mendatang Dewan Keamanan PBB.

Dia menambahkan bahwa pasukan koalisi menyiarkan video hoax itu merupakan upaya “menghancurkan penghancur”, mengacu pada upaya koalisi untuk membom Pelabuhan Hudaydah yang sebenarnya sudah berulangkali diserang agar tak dapat difungsikan.

Seperti pernah diberitakan, pasukan koalisi pimpinan Saudi tak segan-segan bertindak konyol dengan menayangkan  penggalan video dari sebuah film “dokumenter” Amerika Serikat (AS) berjudul “Severe Clear” yang dirilis pada tahun 2010. Saat menayangkan video itu, Jubir koalisi Brigjen Turki Al-Maliki menyebut tempat yang terlihat dalam video itu sebagai “bengkel untuk menampung rudal-rudal balistik di Pelabuhan Hudaydah.”

Al-Maliki menayangkan video itu dalam jumpa pers terkait dengan upaya koalisi untuk merebut kembali kapal berkargo militer yang disita oleh pasukan Yaman kubu Sanaa sejak beberapa hari sebelumnya. Kapal itu dicegat dan digelandang oleh pasukan Yaman ketika melintas di perairan regional Yaman di dekat Pelabuhan Hudaydah. (mm/alalam)

Berita Terkait:

[Video:] Parah, Bermaksud Buktikan Kehebatan Intelijennya di Yaman, Saudi Malah Comot Film Buatan AS

[Video:] Kebohongan Saudi Terbongkar, Yaman Tunjukkan Bukti Kapal yang Disitanya Bukan Berkargo Sipil

 

DISKUSI: