Tewaskan Puluhan Warga Sipil, Serangan Udara Aliansi Saudi-UEA Dikecam PBB

0
9

Sanaa, LiputanIslam.com –  Serangan udara aliansi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) yang menewaskan puluhan warga sipil menyusul penembak jatuhan jet tempur Tornado milik Saudi oleh mendapat mendapat kecaman dari LSM dan PBB.

Dilaporkan bahwa di antara 30-an warga sipil yang tewas akibat serangan udara itu terdapat sejumlah perempuan dan anak kecil. Serangan itu dilancarkan oleh aliansi tersebut sebagai luapan aksi kalap mereka setelah jet tempur Turnado Saudi ditembak jatuh oleh pasukan Yaman.

Menanggapi aksi kalap itu, organisasi peduli kemanusiaan Save The Children dalam sebuah pernyataannya menegaskan bahwa Yaman sudah menjadi “tempat yang menyerupai neraka bagi anak kecil”.

Save The Children mendesak supaya kejahatan ini diselidiki dan pelakunya diadili. LSM ini juga mengingatkan bahwa pihak-pihak yang menyuplai senjata juga terlibat dalam kejahatan ini.

Baca: Dua Pilot Jet Tempur Saudi Yang Tertembak Jatuh di Yaman Belum Jelas Nasibnya

Bersamaan dengan ini, koordinator bidang kemanusiaan PBB di Yaman Lise Grande menyebut serangan udara itu “mengerikan”.

“Begitu banyak orang terbunuh di Yaman,  ini adalah sebuah tragedi dan tidak dapat dibenarkan… Konlik ini sudah lima tahun berlangsung dan orang-orang yang berperang masih saja gagal menegakkan tanggung jawab ini.  Ini mengerikan,” kecamnya.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, sedikitnya 30 warga sipil tewas dan sejumlah besar lainnya terluka akibat serangan udara Arab Saudi di sebuah daerah di Provinsi Jawf, Yaman utara.

Baca: Sedikitnya 30 Warga Sipil Tewas Terkena Serangan Udara Saudi di Yaman

Saat itu Saudi melancarkan delapan serangan udara di distrik al-Maslub yang antara lain menarget warga yang berkerumun di dekat puing-puing jet tempur Tornado tersebut. (mm/raialyoum/time)

DISKUSI:
SHARE THIS: