Dua Pilot Jet Tempur Saudi yang Tertembak Jatuh di Yaman Belum Jelas Nasibnya

0
232

Riyadh, LiputanIslam.com –  Nasib awak jet tempur Tornado milik Arab Saudi yang tertembak jatuh oleh pasukan Yaman belum jelas nasibnya hingga Ahad (16/2/2020).

Aliansi Arab Saudi dan Uni Emirat Arab menyatakan bahwa dalam peristiwa itu dua pilot jet tempur nahas tersebut telah mengaktifkan kursi lontar sebelum pesawatnya terhempas di provinsi Jafw, Yaman, pada Jumat lalu (14/2/2020).

Aliansi itu kemudian mengklaim bahwa pasukan Ansarullah/Houthi melanggar hukum kemanusian internasional dengan melepaskan tembakan ke arah dua pilot itu.

“Komando gabungan aliansi melimpahkan kepada milisi teroris Houthi tanggungjawab atas kehidupan dan keselamatan seorang pilot pesawat Tornado sesuai hukum kemanusiaan internasional,” ungkap aliansi itu, seperti dilansir kantor berita Saudi, SPA, Sabtu (16/2/2020).

Baca: Sedikitnya 30 Warga Sipil Tewas Terkena Serangan Udara Saudi di Yaman

Pada Jumat lalu juru bicara militer Yaman  Brigjen Yahya Saree, mengumumkan pihaknya telah menembak jatuh jet tempur Tornado milik pasukan koalisasi Saudi-Uni Emirat Arab di Provinsi Jawf ketika pesawat itu sedang menjalankan misi serangan.

Baca: Pasukan Yaman Tembak Jatuh Jet Tempur Tornado Saudi

(mm/raialyoum)

DISKUSI: