Terus Tantang AS, Kapal Tanker Iran Masuk lagi ke Venezuela

0
102

Teheran, LiputanIslam.com –  Kapal kedua dari tiga kapal tanker Iran telah memasuki perairan Venezuela dengan muatan bahan bakar untuk negara Amerika Latin yang menderita krisis minyak akibat sanksi Amerika Serikat AS) tersebut.

Menurut data pelacakan kapal tanker di Refinitiv Eikon, Rabu (30/9/2020), kapal “Fortune” yang mengibarkan bendera Iran memasuki perairan zona ekonomi eksklusif Venezuela pada pukul 05:45 GMT, mengikuti rute yang sama dengan kapal “Forrest” yang berlabuh di pelabuhan El Palito, Venezuela, pada Senin lalu untuk menurunkan muatan minyaknya.

Kapal tanker ketiga Iran, “Faxon”, diperkirakan tiba pada akhir pekan ini untuk menuntaskan suplai sekitar 820.000 barel bensin Iran dan bahan bakar lainnya ke Perusahaan Minyak Nasional Venezuela. Faxon terdata sedang mengarungi Samudera Atlantik tanpa masalah.

Pengiriman minyak Iran ini merupakan tantangan baru terhadap sanksi AS yang dijatuhkan terhadap Venezuela dan Iran. Teheran dan Caracas tahun ini memperkuat kerjasama dengan meningkatkan volume perdagangan bilateral yang meliputi minyak mentah, kondensat, komponen kilang, emas, dan bahan makanan.

Beberapa waktu lalu pasukan elit Iran Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) memperingatkan bahwa pihaknya akan bereaksi keras jika AS mencegat dan menggeledah kapal-kapal Iran.

(mm/raialyoum)

Baca juga:

IRGC Ingatkan akan Bereaksi Keras jika AS Periksa Kapal Iran

Jubir IRGC: AS dan Eropa Tak Sanggup Berkonfrontasi dengan Iran

DISKUSI: