Teroris ISIS Lancarkan Serangan Sengit, Beberapa Pasukan Relawan Irak Terbunuh

0
251

Teheran, LiputanIslam.com – Kelompok teroris ISIS melancarkan serangan sengit terhadap pasukan relawan Irak Hasdh al-Shaabi di dua daerah, Balad dan Mekeeshfa, provinsi Salahudiin, hingga menyebabkan sejumlah pasukan relawan terbunuh.

Kantor berita Irak, INA (WA’), Sabtu (2/5/2020), melaporkan bahwa tujuh anggota Hashd al-Shaabi gugur ketika berusaha menghadang serangan ISIS di provinsi Salahuddin.

Wakil Gubernur provinsi Salahuddin, Mohammad Karim al-Baldawi, menyatakan bahwa Brigade 41 Hashd al-Shaabi telah menghadang serangan kawanan teroris ISIS di kawasan Tal al-Dzahab, distrik Balad, di bagian selatan provinsi Salahuddin.

Dia menambahkan bahwa serangan itu menggugurkan seorang anggota Hashd al-Shaabi, dan kawasan itu kemudian dikepung oleh pasukan komando Operasi Samarra’ tentara Irak dan relawan Hashd al-Shaabi.

Secara terpisah, komandan pasukan Operasi Salahuudin, Brigjen Mohsen Hatim, mengatakan kepada INA bahwa ISIS menyerang Resimen Dajlah di daerah Mekeeshfa, hingga menggugurkan sedikitnya enam pejuang Hashd al-Shaabi.

Serangan sistematis sisa-sisa teroris ISIS kali ini diyakini sebagai salah satu serangan ISIS terbesar sejak kelompok bersenjata itu berhasil dikalahkan pada Desember 2017.

Kamis lalu, pasukan Operasi Salahuddin yang didukung jet-jet tempur Irak berhasil membunuh tujuh anggota ISIS serta menemukan lima tempat penginapan mereka di kawasan yang sama.

Baca: Legislator Irak: al-Hashd al-Shaabi adalah Benteng untuk Membendung Serangan ISIS

Website Hashd al-Shaabi menyebutkan bahwa operasi keamanan pre-emptive yang dilancarkan berdasarkan informasi intelijen dimulai pada Rabu malam dan berakhir pada Kamis pagi.

Saat itu pasukan Hashd al-Shaabi menyisir sejumlah area di zona Operasi Salahuddin, termasuk jalan utama menuju provinsi ini hingga ke Pegunungan Hamrin.

Baca:  Tuntutan Penarikan Pasukan Relawan Irak Bertujuan Lestarikan Keberadaan Militer AS

Dilaporkan pula  bahwa dalam operasi ini telah ditemukan lima tempat penginapan kawanan ISIS, dan sebanyak tujuh teroris terbunuh, dan Hashd al-Shaabi menyita beberapa bahan logistik, senjata, dan amunisi.

Di daerah yang sama, Hashd al-Shaabi, Kamis, berhasil meringkus seorang pejabat logistik ISIS di provinsi Salahuddin dalam sebuah operasi khusus dan preemptive. (mm/alalam)

DISKUSI: