Tuntutan Penarikan Pasukan Relawan Irak Bertujuan Lestarikan Keberadaan Militer AS

0
816

Baghdad, LiputanIslam.com –  Seorang anggota senior parlemen Irak Karim al-Aliwi memperingatkan bahwa tuntutan elemen politik tertentu Irak untuk penarikan pasukan relawan Hashd al-Shaabi dari kawasan perbatasan negara ini dengan Suriah bertujuan menciptakan ketidakamanan untuk kemudian membuka jalan bagi penempatan kembali pasukan AS di kawasan tersebut.

“Tujuan keamanan diupayakan melalui tuntutan oleh pihak politik Sunni tertentu untuk penarikan satuan-satuan Hashd al-Sahaabi dari al-Qaim dan perbatasan Suriah,” ungkap al-Aliwi, anggota Komisi Keamanan dan Pertahanan parlemen Irak, Selasa (28/4/2020).

Baca: Pakar Irak Ungkap Ambisi AS Gusur Pasukan Relawan Hashd Shaabi

Dia menilai mereka menginginkan berlanjutnya instabilitas dan kekacauan di wilayah-wilayah di mana tentara Irak dan relawan Hashd Shaabi bertanggung jawab menggalang keamanan.

Baca: Dua Tentara AS di Suriah “Menghilang” Setelah Mobil Militernya Terkena Serangan

Aliwi menyatakan bahwa tuntutan demikian diajukan akibat adanya tekanan politik untuk melicinkan upaya AS melestarikan keberadaan pasukannya  di Irak, dan mendatangkan lagi kawanan teroris ISIS ke daerah-daerah gurun di provinsi Anbar, Irak barat. (mm/fna)

DISKUSI: