Tepi Barat Membara, Iran Serukan Aksi Global terhadap Israel

0
190

Teheran, LiputanIslam.com   Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran mengutuk agresi Rezim Zionis Israel terhadap warga Palestina di kota Nablus, Tepi Barat, dan menyerukan tindakan internasional untuk menghentikan kejahatan rezim di wilayah Palestina pendudukan tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa (25/10), Nasser Kanaani mengkritik pendirian “munafik dan bermuka dua” AS dan beberapa negara Barat dalam isu HAM di dunia.

“Dukungan tanpa syarat mereka kepada rezim Zionis dan kejahatan sehari-harinya terhadap bangsa Palestina yang tertindas adalah contoh terbesar pelanggaran HAM yang telah berlangsung selama beberapa dekade berturut-turut,”ungkapnya.

Terkait dengan berlanjutnya kejahatan dan aksi teror Israel di Tepi Barat, termasuk pengepungan dan serangan terhadap Nablus, Kanaani meminta masyarakat internasional mengambil tindakan untuk mengutuk dan menghentikan genosida rezim Zionis di Palestina.

Dia memuji keberanian perlawanan rakyat Palestina, khususnya para pemuda di kota-kota Quds, Jenin dan Nablus, dan menyerukan dukungan internasional kepada perjuangan Palestina melawan rezim Zionis sampai pembebasan penuh Palestina dari pendudukan Israel.

Militer Israel mengepung Nablus secara ketat sejak 11 Oktober, memblokir gerbang-gerbangnya dengan pos pemeriksaan militer dan gundukan tanah, sementara drone Israel terus-menerus melayang di angkasa kota di utara Tepi Barat ini.

Pengepungan itu terjadi setelah terjadi serangan kelompok perlawanan Palestina Arin Al-Asud (Sarang Singa) yang menewaskan seorang tentara Israel di daerah dekat Nablus.

Pengepungan itu, yang menurut pejabat Israel akan berlanjut sampai pemberitahuan lebih lanjut, memiliki dampak ekonomi di Nablus yang memiliki kepentingan industri dan komersial tertentu bagi Tepi Barat.

Pasukan Israel belakangan ini juga melakukan serangan dan pembunuhan malam hari di  kawasan utara Tepi Barat, terutama Jenin dan Nablus, di mana kelompok baru pejuang perlawanan Palestina telah dibentuk.

Sedikitnya 175 warga Palestina gugur di tangan pasukan Israel di Tepi Barat dan Jalur Gaza sejak awal tahun ini, 51 di antanya adalah warga Palestina yang gugur dalam serangan tiga hari Israel di Gaza pada Agustus. (mm/presstv)

Baca juga:

Puluhan Ribu Orang Ikuti Prosesi Pemamakan Lima Syuhada Palestina

Pejuang Palestina Serang Balik Tentara Israel di Nablus

DISKUSI: