Tentara Suriah Terlibat Kontak Senjata dengan Tentara Turki di Idlib

0
255

Beirut, LiputanIslam.com –  Tentara Suriah terlibat kontak senjata dengan tentara Turki di provinsi Idlib hingga dilaporkan jatuh korban dari kedua belah pihak, manakala tentara Suriah yang didukung Rusia terus menggelar operasi militer untuk membebaskan berbagai daerah dari pendudukan kawanan teroris dan pemberontak.

Pemerintah Turki mengklaim enam tentaranya tewas dan sembilan lainnya cedera akibat serangan artileri tentara Suriah terhadap pasukan Turki yang ditempatkan di provinsi Idlib, sehingga pasukan Turki lantas membalas dengan menyerang posisi tentara Suriah. Turki mengimbau Rusia agar tidak “menghalangi” balasan itu.

Dalam konferensi pers di Istanbul, Senin (3/2/2020),  Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, mengatakan, “Jet tempur F-16 dan artileri kami saat ini sedang membom sasaran yang diidentifikasi oleh dinas intelijen kami”.

Dia lantas mengklaim bahwa sebanyak 30-35 tentara Suriah tewas akibat balasan pasukan Turki, pihak Suriah membantahnya. Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan bahwa “balasan” Turki itu “sama sekali tidak menjatuhkan korban”.

Eskalasi konflik ini tercatat sebagai “konfrontasi paling berbahaya” antara kedua belah pihak sejak dimulainya intervensi militer langsung Turki di Suriah pada tahun 2016.

Baca: Kerahkan Pasukan, Turki Berusaha Cegah Masuknya Tentara Suriah ke Saraqib

Erdogan menambahkan, “Kita tidak bisa diam sementara tentara kita mati syahid. Kami akan terus menuntut pertanggungjawaban.  Saya terutama ingin memberi tahu pihak berwenang Rusia bahwa lawan bicara kami di sini bukan Anda, melainkan rezim (Suriah), dan janganlah menghalangi pekerjaan kami.”

Di pihak lain, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa sekelompok tentara Turki bergerak di  Idlib pada Senin malam tanpa memberitahu Rusia sehingga kemudian berada di kawasan yang digempur oleh tentara Suriah yang menarget kawanan teroris di kota Saraqib di sisi selatan Idlib. Kementerian ini mengaku “terus berkomunikasi” dengan Ankara.

Eskalasi itu terjadi beberapa jam setelah konvoi militer Turki yang terdiri atas sedikitnya 240 kendaraan masuk ke wilayah barat laut Suriah, yang sebagian besar ditempatkan di dekat Saraqib.

Baca: Tentara Suriah Hampir Kuasai Kota Strategis Saraqib di Idlib, 400-an Orang Tewas

Turki, yang mengerahkan 12 titik pemantauan di Idlib sesuai perjanjian dengan Moskow, pekan lalu memperingatkan bahwa pihaknya akan bereaksi atas segala bentuk ancaman terhadap pasukannya, setelah tiga titik antaranya dikepung oleh tentara Suriah.

Turki telah mengirim bala bantuan militer ke Suriah utara dalam beberapa hari terakhir, dan menuduh Rusia tidak menghormati perjanjian mengenai Idlib. (mm/raialyoum)

DISKUSI: