Kerahkan Pasukan, Turki Berusaha Cegah Masuknya Tentara Suriah ke Saraqib

0
124

Beirut, LiputanIslam.com –  Lebih dari 200 kendaraan militer Turki telah memasuki wilayah barat laut Suriah, Ahad (2/2/2020), manakala operasi militer Tentara Arab Suriah (SAA) terus mengalami pergerakan maju secara intensif dan masif di provinsi Idlib dan Aleppo.

Sumber militer di kawasan yang dekat dengan Hama mengabarkan bahwa militer Turki telah mengerahkan bala pasukannya di seluruh Provinsi Idlib, termasuk daerah garis depan di mana tentara  Suriah sedang bergerak maju.

Dia menyebutkan bahwa militer Turki berusaha menghadang SAA yang sedang bergerak menuju kota persimpangan Saraqib, yang terletak di sepanjang Jalan Tol Latakia-Aleppo (M-4) dan Jalan Raya Aleppo-Damaskus (M-5).

Baca: Tentara Suriah Hampir Kuasai Kota Strategis Saraqib di Idlib, 400-an Orang Tewas

Jika tentara Suriah berhasil merebut Saraqib maka akan memegang kendali penuh atas Jalan Raya Aleppo-Damaskus untuk pertama kalinya sejak 2011.

Hal itu juga akan menjadi kemenangan besar bagi Presiden Suriah Bashar Al-Assad dan kemunduran fatal bagi kubu pemberontak dan teroris, karena kontrol terakhir atas bagian dari jalur internasional itu selama ini menjadi daya tawar di meja negosiasi. (mm/amn)

DISKUSI: