Tentara Suriah Hampir Kuasai Penuh Jalur Aleppo-Damaskus

0
217

Beirut, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) terus bergerak maju dan kini hampir menguasai penuh jalur antarnegara Aleppo – Damaskus, setelah berada di lokasi yang hanya berjarjak dua kilometer dari jalur itu, Ahad (9/2/2020).

Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR) yang berafiliasi dengan kubu oposisi menyebutkan bahwa SAA “membuat kemajuan baru pada hari Ahad dan meraih kendali atas sejumlah desa di dekat jalur itu” di pinggiran barat daya provinsi Aleppo.

SOHR menambahkan bahwa “hanya dua kilometer yang memisahkan mereka dari pemulihan penuh” kendalinya atas jalur yang terhubung dengan kota Aleppo dari sisi barat tersebut.

Memulihkan kekuasaan atas yang jalur yang dinamai “M5” itu sekarang menjadi target utama Damaskus, dan secara bertahap SAA telah berhasil mengendalikan sebagian besar jalur itu dalam serangan militer selama beberapa tahun terakhir.

Seperti diketahui, tentara pemerintah Suriah itu sejak Desember 2019 menggelar operasi militer besar-besaran di provinsi Idlib dan sekitarnya, yang sejak beberapa tahun lalu dikuasai oleh kelompok-kelompok teroris dan pemberontak, terutama Hay’at Tahrir Sham alias Jabhat Al-Nusra.

Serangan itu difokuskan pada pedesaan selatan dan tenggara Idlib serta daerah yang bersebelahan dengannya di barat daya Aleppo, di mana jalur “M5”, yang menghubungkan kota Aleppo dengan Damaskus, melintasi beberapa kota utama dari Hama dan Homs hingga perbatasan selatan dengan Yordania.

Baca: SAA Terus Bergerak Maju di Provinsi Idlib, Turki Kerahkan Ratusan Kendaraan Lapis Baja

Sejauh ini, SAA telah menguasai puluhan kota dan desa di provinsi Idlib dan Aleppo, dan yang terbaru di antaranya adalah kota Saraqib yang mereka rebut pada Sabtu lalu. Kota ini dilintasi jalur antarnegara di bagian tenggara provinsi Idlib.

Baca: Pemerintah Suriah Resmi Umumkan Keberhasilannya Membebaskan Kota Saraqib

Ahad kemarin SAA mengumumkan pihaknya meraih prestasi tersendiri di lapangan sehingga pasukannya yang datang dari arah Idlib timur telah bertemu dengan pasukannya yang datang dari arah Aleppo selatan.

SAA juga mengaku telah memegang kendali atas wilayah geografis seluas lebih dari 600 kilometer persegi dan telah memperkuat kontrolnya atas puluhan kota, desa dan bukit. (mm/raialyoum)

DISKUSI: