Tentara AS Jual Minyak Suriah Curiannya kepada Kelompok Teroris Al-Nusra

0
208

Konvoi truk minyak melintasi wilayah Kurdi Suriah. Sumber: the Times of Israel

Idlib, LiputanIslam.com –   Pasukan Demokratik Suriah (SDF) yang elemen utamanya adalah milisi Kurdi dan bersekutu dengan Amerika Serikat (AS) telah menandatangani perjanjian dengan kelompok teroris Jabhat Al-Nusra untuk pemasokan minyak dari ladang minyak yang dikendalikan oleh tentara AS di Suriah timur ke sebuah perusahaan yang berafiliasi dengan Jabhat Al-Nusra di Idlib, Suriah.

Sumber lokal di Idlib mengatakan bahwa kesepakatan yang telah dicapai antara SDF dengan perwakilan Hay’at Tahrir al-Sham alias Jabhat Al-Nusra di Idlib  itu menetapkan bahwa pihak pertama akan memasok minyak kepada pihak kedua sebanyak sekira 160 ton per hari ke Perusahaan Watad, yang dijalankan oleh gembong Jabhat al-Nusra, Abu Muhammad al-Jolani.

Sumber  itu mengungkapkan bahwa perjanjian itu diteken  setelah serangkaian pertemuan antara SDF dan para pemimpin  Jabhat al-Nusra di dekat kota Manbij, di bagian timur laut provinsi Aleppo.

Pertemuan itu  membuat SDF berjanji menjual pengiriman turunan minyak curian dari ladang Suriah di daerah yang dikendalikan oleh tentara AS di timur laut Sungai Efrat, dan mengirimkannya melalui truk-truk tanki ke provinsi Idlib dan menyerahkannya kepada perusahaan Watad.

Sumber itu juga menyebutkan bahwa nilai kesepakatan itu sekitar US$ 5 juta per bulan. (mm/raialyoum)

Baca juga:

13 Warga Sipil Suriah Tewas, Biden Umumkan Gembong ISIS Ledakkan Diri ketika Diserbu Pasukan AS

AS  Kirim Jet Tempur dan Kapal Perusak untuk Bantu UEA Hadapi Serangan Yaman

DISKUSI: