13 Warga Sipil Suriah Tewas, Biden Umumkan Gembong ISIS Ledakkan Diri ketika Diserbu Pasukan AS

0
184

Washington, LiputanIslam.com –   Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan bahwa pemimpin kelompok teroris ISIS telah “disingkirkan dari medan perang”, menyusul operasi serangan yang juga menewaskan sejumlah kecil dan wanita di Suriah.

Seorang pejabat senior pemerintah AS mengatakan kepada wartawan pada hari Kamis bahwa pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi tewas dalam serangan itu.

Selanjutnya, Biden, Kamis (3/1), mengkonfirmasi kematian al-Qurayshi dan memuji operasi itu dalam sebuah pidato singkat, sembari menyalahkan al-Qurayshi sebagai penyebab tewasnya warga sipil. Kata Biden, gembong ISIS itu meledakkan dirinya dalam “tindakan pengecut putus asa” ketika pasukan AS mendekat.

“Dia memilih untuk meledakkan dirinya sendiri,  tidak hanya dengan rompi, melainkan juga untuk meledakkan lantai tiga itu – daripada diadili atas kejahatan yang telah dia lakukan, membawa beberapa anggota keluarganya bersamanya,” kata Biden.

Biden mengatakan operasi itu menunjukkan “jangkauan dan kemampuan Amerika Serikat untuk mengatasi ancaman teroris” di seluruh dunia.

“Saya bertekad untuk melindungi rakyat Amerika dari ancaman teroris, dan saya akan mengambil tindakan tegas untuk melindungi negara ini,” lanjutnya.

Sementara itu, dikutip kantor berita resmi Suriah, SANA, sumber-sumber lokal mengatakan bahwa 13 orang, termasuk enam anak-anak dan tiga wanita, tewas ketika helikopter AS mendaratkan sekelompok anggota pasukan khusus di daerah Atma di pinggiran provinsi Idlib dekat perbatasan Turki.

Sanaa menyebutkan bahwa dalam peristiwa itu pasukan AS menyerbu dan menghancurkan sejumlah rumah di daerah itu setelah mengepung mereka, bersamaan dengan pemboman oleh pesawat nirawak.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengkonfirmasi tewasnya 13 orang, termasuk enam anak kecil dan empat wanita, dalam peristiwa tersebut. (mm/aljazeera/alalam)

Baca juga:

Tentara AS Jual Minyak Suriah Curiannya kepada Kelompok Teroris Al-Nusra

AS  Kirim Jet Tempur dan Kapal Perusak untuk Bantu UEA Hadapi Serangan Yaman

 

DISKUSI: