Tentara AS Angkat Kaki dari Satu Lagi Pangkalan Militer Irak

0
418

Baghdad, LiputanIslam.com –  Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) di Irak, Ahad (29/3/2020), angkat kaki dari pangkalan udara (lanud) militer K1 di provinsi Kirkuk, Irak utara, yang pernah nyaris mengobarkan perang terbuka antara AS dan Iran.

Dengan demikian, Lanud K1 menjadi pangkalan militer ketiga yang dilepaskan oleh pasukan koalisi pada bulan ini. Lanud inilah yang pada akhir Desember tahun lalu mendapat serangan roket para pejuang Iran yang  menewaskan seorang kontraktor AS dan kemudian memicu aksi saling serang antara AS dan kelompok-kelompok pejuang Irak yang didukung Iran.

Pada puncaknya, serangan udara AS menewaskan Jenderal Iran Qassem Soleimani dan seorang pemimpin pasukan relawan Irak, Abu Mahdi al-Muhandis.

Iran lantas membalasnya dengan melesatkan belasan rudal ke Lanud Ain Assad yang ditempati oleh militer AS di Irak barat hingga menyebabkan pangkalan ini luluh lantak serta jatuh korban tentara AS dengan jumlah dan kondisi yang kontroversial antara klaim Iran dan klaim AS.

Iran menyatakan bahwa balasan itu masih belum selesai, dan akan menarget keluarnya pasukan AS secara total dari Irak.

Baca: Pasukan Prancis Angkat Kaki dari Irak

Pasukan koalisi pimpinan AS dalam sebuah pernyataannya mengaku menyerahkan pangkalan K1 kepada militer Irak.  Pangkalan ini semula diduduki oleh militer AS dan sekutunya sejak tahun 2017 dengan dalih memerangi kelompok teroris ISIS.

Sebelumnya di bulan ini pasukan koalisi pimpinan AS telah keluar dari pangkalan Qayyarah di provinsi Nineveh, kemudian dari pangkalan Qaim di dekat perbatasan dengan Suriah.

Baca: Penduduk dan Tentara Suriah Usir Pasukan AS di Dekat Kota Qamishli

Hingga bulan lalu ada sekitar 7500 pasukan koalisi yang berbasis di Irak, termasuk 5000 pasukan AS. (mm/aljazeera)

DISKUSI: