Penduduk dan Tentara Suriah Usir Pasukan AS di Dekat Kota Qamishli

0
95

Damaskus, LiputanIslam.com – – Penduduk sebuah desa dekat kota Qamishli di Suriah timur laut menghadang dan memaksa konvoi militer AS untuk meninggalkan wilayah mereka.

Kantor berita Suriah, SANA, Selasa (24/3/2020), melaporkan bahwa penduduk  desa Hamou bersama  tentara Suriah menghadang konvoi militer 11 kendaraan lapis baja AS yang bermaksud memasuki desa itu. Massa menyerang kendaraan militer AS dengan batu, mencegah mereka masuk ke desa, dan memaksa pasukan AS mundur.

Peristiwa serupa juga terjadi pada Februari lalu. Saat itu penduduk dua desa Kharbat Amou dan Boyar al-Assi di bagian timur laut Suriah mendemo kehadiran militer AS di wilayah tersebut, dan kemudian melemparkan batu ke arah tentara AS hingga pasukan pendudukan ini mundur dari daerah tersebut.

Dalam peristiwa yang terjadi di Kharbat Amou dekat Qamishli massa berkonsentrasi dan melempati militer AS dengan batu untuk mendukung tentara Suriah yang menghadang empat kendaraan militer AS. Pasukan AS lantas menembaki para pengunjuk rasa hingga satu warga tewas dan satu warga lainnya cedera.

Baca: Kurdi Suriah Lepaskan 80 Teroris ISIS, Amir ISIS Jadi Pengusaha Besar

Warga semakin marah menyaksikan kekerasan pasukan Amerika sehingga menyerang dan merusak kendaraan milliter AS. Tentara AS lantas meminta bantuan kepada rekan-rekan mereka di daerah terdekat dan kemudian menyingkir dari tempat kejadian.

Baca: Suriah Konfirmasi Satu Pasien Positif Corona

Beberapa penduduk Kharbat Amou menyebutkan bahwa  tiga jet tempur AS melancarkan serangan udara ke desa itu menyusul insiden tersebut. (mm/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS: