Tempat Persembunyian Pemimpin ISIS yang Tewas Terungkap Karena Informasi dari Tentara Irak

0
249

Baghdad, LiputanIslam.com –   Juru bicara Komando Umum Angkatan Bersenjata Irak, Yahya Rasool, dan Perdana Menteri Irak Al-Kadhimi menyatakan bahwa intelijen Irak telah memberi Amerika Serikat (AS) informasi akurat yang mengungkap tempat persembunyian pemimpin ISIS, Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurayshi.

“Operasi pembunuhan teroris Amir Mohammad Said yang berjulukan Abu Abdillah Qardash (Abu Ibrahim al-Hashemi al-Qurayshi – red.) dilakukan setelah Badan Intelijen Nasional Iran memberikan informasi akurat kepada koalisi internasional.  Informasi ini telah mengarahkan (kepada mereka) kepada tempat (persembunyian) pemimpin ISIS hingga diapun terbunuh,” ungkap Rasool di Twitter, Kamis (3/2).

Sehari kemudian, hal yang sama juga dinyatakan oleh Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi, yang menyebutkan bahwa Irak berperan kunci dalam pengungkapan tempat persembunyian gembong ISIS tersebut.

Seperti pernah diberitakan, Kamis lalu Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan tewasnya al-Qurayshi dengan menyebutnya telah “disingkirkan dari medan perang”, menyusul operasi penyergapan yang juga menewaskan 13 orang, termasuk enam anak-anak dan tiga wanita.

“Dia memilih untuk meledakkan dirinya sendiri,  tidak hanya dengan rompi, melainkan juga untuk meledakkan lantai tiga itu – daripada diadili atas kejahatan yang telah dia lakukan, membawa beberapa anggota keluarganya bersamanya,” kata Biden.

Dia juga mengatakan bahwa pasukan AS semula bermaksud meringkus Al-Qurayshi, tapi dia segera meledakkan diri di tingkat ketiga sebuah bangunan di mana dia berada ketika akan disergap oleh pasukan AS. (mm/fna)

Baca juga:

13 Warga Sipil Suriah Tewas, Biden Umumkan Gembong ISIS Ledakkan Diri ketika Diserbu Pasukan AS

Tentara AS Jual Minyak Suriah Curiannya kepada Kelompok Teroris Al-Nusra

DISKUSI: