Teheran Umumkan Adanya Kemajuan dalam Perundingan Iran-Arab Saudi

0
353

Teheran, LiputanIslam.com –  Pemerintah Iran menyatakan bahwa perundingannya dengan pemerintah Arab Saudi “menghasilkan beberapa kemajuan” dan akan terus berlanjut sampai titik-titik perselisihan dapat ditekan seminimal mungkin.

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei, Selasa (6/7), mengatakan, “Perundingan yang dilakukan dengan pihak Saudi sejauh ini telah membahas berbagai isu antara kedua negara dengan iktikad baik, dan telah menghasilkan beberapa kemajuan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Perundingan ini akan terus berlanjut sampai titik-titik perselisihan menyempit meniminal mungkin.”

Dia menjelaskan, “Dialog dengan Saudi bertolak dari keyakinan mendalam Iran pada pengutamaan negara-negara tetangga dan urgensi kerukunan hidup demi mewujudkan keamanan dan perdamaian di kawasan. Teheran berkeyakinan bahwa dialog internal umat Islam adalah satu-satunya jalan yang relevan untuk penyelesaian aneka problema dan perselisihan.”

Mengenai kendala perundingan itu dia mengatakan, “Kami menyadari adanya kesulitan-kesulitan yang mengitari beberapa hal yang diperselisihkan, sesuatu yang memerlukan waktu yang cukup untuk penyelesaiannya.” (mm/irna)

Baca juga:

Kepala Intelijen Iran ke Baghdad, Pangkalan Militer AS di Arbil Diserang

Pejabat Senior Israel Akui Tak Sanggup Pengaruhi Perundingan Nuklir Iran

DISKUSI: