Teheran Sebut AS Jadikan Negara lain sebagai Pangkalan untuk Mengancam Iran

0
250

Teheran, LiputanIslam.com –  Iran tak pernah bermaksud menyelesaikan masalahnya di kawasan lain, namun Amerika Serikat(AS) menjadikan negara-negara kawasan sebagai pangkalan untuk mengancam keamanan Iran.

Hal itu dikatakan juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh dalam jumpa pers di Teheran, Senin (28/12)..

Mengenai pertemuan tingkat menteri negara-negara anggota perjanjian nuklir Iran yang disebut JCPOA, Khatibzadeh mengatakan bahwa dalam pertemuan informal itu Iran menuntut komitmen pihak lain, dan di bahas pula situasi terbaru.

Menanggapi pertanyaan mengenai klaim tokoh Irak Muqtada al-Sadr bahwa Iran tidak boleh menjadikan Irak sebagai ajang konfliknya dengan AS serta mengenai serangan roket di Zona Hijau Baghdad yang terjadi belakangan ini, Khatibzadeh mengatakan, “Minggu lalu saya sudah mengatakan bahwa dalam pandangan kami, serangan terhadap tempat diplomatik dan tempat tinggal sepenuhnya tak dapat diterima. Fasilitas diplomatik Iran sendri di Irak juga telah beberapa kali diserang. ”

Dia kemudian menegaskan bahwa Iran siap membela diri di depan segala bentuk ancaman.

“Kami telah memperjelas pesan kami bahwa kami tidak mencari ketegangan, namun siap membela kepentingan dan keamanan nasional Iran dengan sekuat tenaga,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran Laksamana Muda Ali Shamkhani menuding militer AS sedang meningkatkan provokasi di kawasan Teluk Persia, dan menyebut hal itu terjadi karena ketakutan AS sendiri  akibat dosanya di masa lalu.

“Tindakan ini telah meningkatkan skala ketidakamanan dan menyebabkan kesalahpahaman yang berbahaya. Peningkatan provokasi militer AS di kawasan ini merupakan pertunjukan defensif yang disebabkan oleh ketakutan akibat kejahatannya di masa lalu,” tulis Shamkhani di halaman Twitter-nya, Senin.

Dia menegaskan kembali bahwa keamanan di kawasan hanya dapat dicapai dengan pengusiran pihak-pihak asing yang selama ini menjadi faktor instabilitas. (mm/mn)

Baca juga:

Makin Tegang, Iran Ancam Serang Kapal Selam Israel Jika Masuk ke Perairan Teluk Persia

Iran Tambahkan Tiga Nama dalam Daftar Pelaku Pembunuhan Jenderal Soleimani

DISKUSI: