Teheran Resmi Tanggapi Rumor Perundingan Iran-Saudi di Baghdad

0
310

Teheran, LiputanIslam.com –   Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Saeed Khatibzadeh menanggapi kabar simpang siur yang beredar belakangan ini bahwa negara ini telah mengadakan perundingan dengan Arab Saudi di Baghdad, ibu kota Irak, untuk perbaikan hubungan.

Dalam jumpa pers di Teheran melalui konferensi video, Senin (19/4), Khatibzadeh memastikan Teheran senantiasa menyambut baik dialog dengan Riyadh dan menilainya baik bagi kepentingan kedua negara serta perdamaian dan stabilitas regional.

Namun demikian, dia menepis kabar simpang siur tersebut dengan menyatakan bahwa pihak yang menebar rumor mengenai adanya dialog Iran-Saudi di Baghdad itu memiliki rekam jejak yang panjang dalam penyebaran rumor.

“Kami tak akan berkomentar mengenai laporan-laporan yang kontradiktif,” imbuhnya.

Sehari sebelumnya, sumber-sumber Iran mengatakan kepada saluran TV Al-Mayadeen yang berbasis di Libanon bahwa laporan surat kabar Inggris Financial Times (FT) mengenai perundingan Iran-Saudi di Baghdad itu tidak benar.

“Tak ada perundingan antara para pejabat Iran dan Saudi,” ujar mereka.

FT menyebutkan, “Pejabat tinggi Saudi dan Iran mengadakan pembicaraan langsung, dalam upaya untuk memperbaiki hubungan antara kedunya di Baghdad, dan pembicaraan itu positif.”

Laporan FT itu mengutip pernyataan seorang pejabat bahwa “putaran pertama pembicaraan Saudi-Iran berlangsung di Baghdad pada 9 April.”

Teheran telah mengulangi seruannya kepada  Saudi untuk memulai dialog serius demi keamanan dan perdamaian di kawasan.

Saeed Khatibzadeh mengataan, “Teheran adalah pihak yang pertama menyambut jika Arab Saudi memutuskan untuk berkontribusi dalam penyelesaian masalah kawasan melalui kerjasama regional. ” (mm/mna/raialyoum)

Baca juga:

Iran dan Saudi Dikabarkan Berunding Langsung di Baghdad untuk Perbaikan Hubungan

[Video] Iran Pamerkan Dua Sistem Pertahanan Udara Baru

DISKUSI: