Teheran Nyatakan Taliban Tidak Memiliki Kantor di Iran

0
131

Teheran, LiputanIslam.com –  Wakil Menteri Luar Negeri Iran untuk Urusan Politik Sayid Abbas Araqchi membantah klaim bahwa Taliban telah membuka kantor di Iran.

“Mereka (Taliban) tidak memiliki kantor di Iran,” kata Araqchi dalam sebuah wawancara dengan saluran berita Tolou milik Afghanista, Ahad (19/7/2020).

Dia juga mengkonfirmasi bahwa Iran menjalin kontak dengan semua kelompok Afghanistan, termasuk Taliban, dalam beberapa tahun terakhir untuk membantu membangun perdamaian di negara itu.

Araqchi  kemudian menyebutkan nama Amerika Serikat (AS) dengan mengatakan, “Ini adalah kenyataan yang jelas bahwa AS menyebut dirinya sebagai sekutu Afghanistan dan, juga telah bernegosiasi serta membuat kesepakatan dan kesepakatan dengan Taliban. Kami tidak memiliki hubungan seperti itu dengan Taliban.”

Baca: Iran: AS Lebih Baik Mengaku Kalah daripada Terus Menebar Omong Kosong

Dia menambahkan, “AS telah secara resmi berbicara dengan Taliban tanpa adanya pemerintah Afghanistan dan membuat kesepakatan tentang masa depan Afghanistan.”

Baca: Pejabat AS: Pertahanan Udara Iran Sedang “Siaga Tinggi

Ditanya mengenai tuduhan bahwa Iran menyuplai senjata untuk Taliban, Araqchi mengimbau media Afghanistan tidak terpegaruh oleh pihak-pihak yang bermaksud mengesankan Iran sebagai musuh Afghanistan. (mm/fna)

DISKUSI: