Teheran: Isu Bom Atom Dihembuskan Demi Melucuti Hak Iran Memiliki Teknologi Nuklir

0
136

Teheran, LiputanIslam.com    Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Mohammad Eslami, menyatakan isu bom atom sengaja dihembuskan oleh beberapa negara Barat semata demi melucuti hak Iran mengakses teknologi nuklir.

“Rantai produksi bahan bakar nuklir menciptakan kekuatan bagi negara,” ujarnya dalam pertemuan dengan para direktur dan kepala sektor pendidikan, Ahad (21/8).

Dia menambahkan, “Energi nuklir tidak ada hubungannya dengan bom atom. Mereka (Barat) mengangkat masalah bom untuk mencegah kita memperoleh teknologi ini. Sebelum kemenangan revolusi pun, mereka mencegah Iran memperoleh kemajuan teknologi.”

Eslami menjelaskan,  “Iran memiliki kurang dari 2% dari kapasitas produksi energi nuklir di dunia, tapi 25% dari inspeksi di dunia dilakukan di Iran. Mereka memulai (penerapkan perjanjian nuklir) Rencana Aksi Komprehensif Bersana (JCPOA) dengan menghancurkan infrastruktut nuklir (Iran) dan mempertanyakan kelayakannya.”

Dia juga menerangkan, “Menurut rencana aksi strategis kami, kami harus mendidik 20.000 ahli dalam teknologi nuklir dalam kurunwaktu 20 tahun. Kami ingin masyarakat merasakan pengaruh teknologi nuklir dalam kehidupan sehari-hari mereka.”

Dia lantas mengatakan, “Kekuatan global bekerja untuk menghalangi masuknya Iran ke bidang teknologi modern, karena dengan demikian akan masuk ke puncak piramida kekuatan dan meningkatkan kemampuannya. Transformasi mendasar harus dilakukan di sektor pendidikan demi membina generasi baru.” (mm/raialyoum)

Baca juga:

Israel Terlalu Banyak Mengeluh Soal JCPOA, Tapi AS Tak Peduli

Soal Nuklir, Iran Nyatakan Pantang Mundur di Depan Intimidasi Barat

DISKUSI: